RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 1 SD. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai aliran bagi guru kelas 1 SD dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 1 SD mesti memiliki perangkat pembelajaran yang cukup semoga mampu mengadakan pembelajaran dengan baik dan meraih tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya adalah RPP kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran penerima didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, semoga pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima bimbing untuk ikut serta secara aktif dan memberikan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni planning yang menggambarkan mekanisme dan administrasi pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara lazim Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-unsur berikut. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber berguru Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil belajar. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan komponen dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diamati prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan individual peserta latih, antara lain kemampuan permulaan, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi mencar ilmu, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, keperluan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor ajar. Partisipasi aktif peserta didik. Berpusat pada peserta bimbing untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, ide, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, menampung desain program pemberian umpan balik aktual, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi berita dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta asuh pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang merefleksikan : (1) perilaku spiritual; (2) perilaku sosial; (3) wawasan; (4) dan kemampuan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar adalah sejumlah kesanggupan yang mesti dikuasai penerima asuh dalam mata pelajaran tertentu sebagai referensi penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah perilaku yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi contoh penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi asuh menampung fakta, desain, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta rancangan sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen evaluasi hasil berguru disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu terhadap tolok ukur evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan latih, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah acara awal dalam suatu konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti ialah proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dijalankan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, dan memotivasi akseptor bimbing. Di dalam aktivitas inti, penerima didik diajak untuk ikut serta aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah kegiatan yang dikerjakan untuk menuntaskan aktivitas pembelajaran yang mampu dijalankan dalam bentuk rangkuman atau selesai, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6 Berikut yaitu RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru inginkan. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga bermanfaat, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Minggu, 25 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 1 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6
Diterbitkan Oktober 25, 2020
Artikel Terkait
- Download Pengumuman Hasil Akreditasi Tahun 2019 Provinsi Sulawesi Selatan Tahap 1
- RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- Permenpan No. 16 Tahun 2009 ihwal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Da
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Dalam Negeri Mengeluarkan surat eda
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon