RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 1 SD. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai fatwa bagi guru kelas 1 Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 1 Sekolah Dasar harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup semoga mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya ialah RPP kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan planning aktivitas pembelajaran tatap paras untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor asuh dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, semoga pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima bimbing untuk berpartisipasi secara aktif dan memperlihatkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan administrasi pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara lazim Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-komponen berikut. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil belajar. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan unsur dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan individual penerima asuh, antara lain kesanggupan permulaan, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta latih. Partisipasi aktif akseptor bimbing. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, ide, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan hobi membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, menampung rancangan acara tunjangan umpan balik konkret, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor berguru, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan keadaan. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, bahan atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kesanggupan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima didik pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang mencerminkan : (1) perilaku spiritual; (2) perilaku sosial; (3) pengetahuan; (4) dan kemampuan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar adalah sejumlah kesanggupan yang mesti dikuasai peserta bimbing dalam mata pelajaran tertentu selaku acuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi ialah sikap yang mampu diukur atau diobservasi untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diperlukan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi latih memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang berhubungan , dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar penerima asuh meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil berguru disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu terhadap tolok ukur evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber mencar ilmu didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian penerima asuh untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dijalankan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, dan memotivasi peserta asuh. Di dalam acara inti, penerima asuh diajak untuk berpartisipasi aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang dapat dikerjakan dalam bentuk rangkuman atau selesai, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3 Berikut yaitu RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 3 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 3 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 3 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 3 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang lainnya dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga bermanfaat, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Senin, 26 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 1 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 3
Diterbitkan Oktober 26, 2020
Artikel Terkait
- Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dalam
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Jadwal Cuti Bersama PNS Tahun 2019 Presiden Joko Widodo sudah menandatang
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon