RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 5 SD. RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai pemikiran bagi guru kelas 5 SD dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 5 SD harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup agar mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan meraih tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya ialah RPP kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran akseptor asuh dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima didik untuk ikut serta secara aktif dan menunjukkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan administrasi pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara biasa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-unsur berikut. Identitas sekolah, adalah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil berguru. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan unsur dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan perorangan akseptor latih, antara lain kesanggupan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kesanggupan sosial, emosi, gaya berguru, keperluan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan penerima bimbing. Partisipasi aktif akseptor bimbing. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, ide, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan acara dukungan umpan balik aktual, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek berguru, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi berita dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan suasana dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kesanggupan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang mesti dimiliki penerima latih pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang merefleksikan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar adalah sejumlah kesanggupan yang harus dikuasai penerima ajar dalam mata pelajaran tertentu selaku referensi penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi ialah perilaku yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi ajar menampung fakta, rancangan, prinsip, dan prosedur yang berkaitan, dan ditulis dalam bentuk peta desain sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban mencar ilmu. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu diadaptasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada tolok ukur evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan ajar, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan kegiatan permulaan dalam sebuah pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk menghidupkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor latih untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti ialah proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dikerjakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta asuh. Di dalam aktivitas inti, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah acara yang dikerjakan untuk menuntaskan kegiatan pembelajaran yang mampu dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Berikut adalah RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9. Bapak/Ibu Guru mampu melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru kehendaki. Download RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 5 SD Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 5 SD Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang lainnya dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berguna, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Rabu, 30 September 2020
Download Rpp Kelas 5 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9
Diterbitkan September 30, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- Permenpan No. 16 Tahun 2009 ihwal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Da
- Download Pengumuman Hasil Akreditasi Tahun 2019 Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahap 1
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon