Sabtu, 11 April 2020

Cara Unduh - Download Sertifikat Pembinaan – Diklat Pkp

Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP


Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, ialah program yang bermaksud untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pelatihan guru dalam menyiapkan, melakukan, sampai dengan menganalisa pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).


Program ini ialah bagian dari acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 perihal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Program PKP lebih berkonsentrasi pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penyiapan Program PKP yang memikirkan pendekatan kewilayahan, atau diketahui dengan ungkapan zonasi, dijalankan oleh Ditjen GTK mulai dari penyusunan Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi, Petunjuk Teknis Program PKB Berbasis Zonasi, Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur/Guru Inti Program PKP Berbasis Zonasi, Unit Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes permulaan dan tes final serta instrumen penjaminan kualitas.


Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk training berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing mempunyai teladan 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan acuan 82 JP (dengan contoh In-On-In).

Tujuan Program PKP Berbasis Zonasi adalah meningkatkan kompetensi siswa lewat pelatihan guru dalam mempersiapkan, melaksanakan sampai dengan memeriksa pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Adapun Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi yaitu selaku berikut:
·          Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari penyusunan rencana, pelaksanaan sampai penilaiannya;
·          Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga mampu mengembangkan kompetensinya;
·          Memberikan contoh terhadap kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
·          Memberikan acuan terhadap pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Sedangkan Sasaran Program PKP Berbasis Zonasi yaitu guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan Sekolah Menengah kejuruan/SMKLB.


Bagi Anda yang sudah dipanggil mengikuti diklat Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran pada tahun 2019 yang kemudian, berikut ini Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) tahun 2019.

Pertama, Anda login ke portal SIM PKB atau melalui https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

Kemudian kalau telah mampu Login Beranda yang ada di pojok Kiri

Selanjutnya pilih Rapor Pelatihanku,

Kemudian Pilih PKP, selanjutnya klik UNDUH SERTIFIKAT.

Biasanya sertifikat akan terunduh secara otomatis setelah Ada mengisi Survey yang tersedia.

Demikian isu singkat Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Semoga ada keuntungannya.


Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon