Minggu, 19 April 2020

Batulanau (Siltstone)

Apa itu Batulanau? - Batu lanau adalah batuan sedimen yang utamanya tersusun atas partikel-partikel berskala lanau. Arti berskala lanau disini mengacu pada skala ukuran butir yang bisa dilihat pada skala wentworth. Batulanau terbentuk dimana air, angin, atau endapan es menenteng material berukuran lanau dan lalu terakumulasi, terpadatkan dan tersementasi menjadi batuan.

Partikel berskala lanau biasanya disebut dengan lumpur. Lumpur dapat terakumulasi di cekungan sedimen di seluruh dunia. Lumpur mewakili tingkat arus, gelombang, atau energi angin, sehingga ia dapat berada dimana saja seperti pada lingkungan fluvial, aeolian, pasang surut, pesisir, lakustrin, delta, dan glasial.

Struktur sedimen pada batu lanau sering berupa layering, cross-bedding, ripple marks, dan kontak abrasi. Selain itu, fosil juga banyak ditemukan di batuan ini yang dapat menawarkan bukti lingkungan pengendapannya. Batulanau jauh lebih lazim ketimbang batu pasir dan watu serpih. Formasi batuannya umumnya lebih tipis dan penyebarannya kurang luas.

 Batu lanau adalah batuan sedimen yang utamanya tersusun atas partikel Batulanau (Siltstone) </p></div>
<div class='clear'></div>
</div>
<div class='post-footer'>
<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
<div style=

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon