Selasa, 21 April 2020

Aturan Kekekalan, Rumus, Jenis-Jenis, Teladan Dan Pemanfaatannya

Hukum Kekekalan, Rumus, Jenis-Jenis, Contoh dan Pemanfaatannya" />

Energi yang kerap dibutuhkan dan kiprahnya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari adalah energi kinetik, berpeluang, dan energi mekanik. Dari ketiga jenis energi inilah nantinya akan menjelma berbagai jenis energi lainnya mirip energi panas, listrik, nuklir dan lain sebagainya.

Dalam ilmu fisika, 3 jenis energi utama tersebut mempunyai rumus yang berbeda-beda, tetapi saling berhubungan. Dibawah ini adalah rumus ketiga jenis energi beserta misalnya.

Rumus Energi Kinetik

Energi Kinetik mempunyai rumus adalah Ek = ½ . mv2
Dengan Ek : Energi Kinetik
m : Masa benda
v : Kecepatan benda
Contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari:
Energi kinetik sebagaimana rumus diatas dapat disebut juga dengan perumpamaan energi gerak. Bayangkan jika energi ini tidak ada, maka telah pasti insan tidak akan bisa melempar watu atau bola ke arah tertentu. Selain itu, dengan adanya energi kinetik manusia mampu memperhitungkan kecepatan dan waktu saat menggunakan kendaraan.

Rumus Energi Potensial

Energi Potensial rumusnya yakni: W = Fy = m.g.h
Dengan W : Usaha Yang diperlukan atau dipergunakan
Fy : Gaya Gravitasi
m : abad benda
g : konstanta gravitasi
h : ketinggian benda
Contoh energi berpeluang dalam kehidupan sehari-hari:
Energi berpotensi cukup banyak bisa terlihat di alam, selaku pola yaitu air sungai yang mengalir deras dari ketinggian. Energi potensial dari air ini dapat diubah menjadi energi listrik.

Rumus Energi Mekanik

Energi Mekanik rumusnya ialah Em = Ep+Ek
Dengan Em : Energi Mekanik
Ep : Energi memiliki potensi
Ek : Energi Kinetik
Contoh energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari:
Energi mekanik pada prinsipnya merupakan penggabungan energi berpotensi dan kinetik. Contoh energi ini contohnya yaitu ayunan, buah yang jatuh dari pohonnya, pesawat pada posisi landing, dll.

Jenis-Jenis Energi

Energi juga dapat berkembang seiring pertumbuhan teknologi. Untuk dapat mengetahui energi lebih jauh, di bawah ini ada berbagai jenis-jenis energi yang wajib kamu pahami, adalah selaku berikut.

Energi Kinetik

Energi kinetik sering disebut dengan energi gerak yang memiliki pemahaman energi yang dihasilkan melalui pergerakan suatu benda. Misalnya Mobil yang bergerak atau melaju, manusia yang berlari, kereta api yang bergerak, dll.

Energi Matahari

Energi Matahari yakni energi yang dihasilkan atau dipancarkan oleh matahari atau tenaga surya. Energi matahari merupakan energi tata surya dan masuk dalam kategori energi tak terbarukan. Jenis energi yang berasal dari energi matahari merupakan salah satu sumber pendukung utama kehidupan makhluk hidup. Misalnya fotosintesis buatan mampu membantu proses pergantian zat kimia tanaman, serta listrik panas surya yang dijadikan sumber penerangan (cahaya) bagai manusia.

Energi Potensial

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon