RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 4 Sekolah Dasar. RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai aliran bagi guru kelas 4 SD dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 4 Sekolah Dasar harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup biar dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan meraih tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya yakni RPP kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran peserta bimbing dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi akseptor ajar untuk ikut serta secara aktif dan memperlihatkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni planning yang menggambarkan prosedur dan administrasi pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara lazim Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-komponen berikut. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil belajar. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 ihwal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diputuskan unsur dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan perorangan peserta latih, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kesanggupan sosial, emosi, gaya berguru, keperluan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta ajar. Partisipasi aktif peserta didik. Berpusat pada penerima latih untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan hobi membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan acara sumbangan umpan balik nyata, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi info dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan keadaan. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yakni tingkat kesanggupan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang mesti dimiliki akseptor bimbing pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) wawasan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yaitu sejumlah kesanggupan yang harus dikuasai peserta bimbing dalam mata pelajaran tertentu sebagai referensi penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi yakni sikap yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diperlukan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi didik memuat fakta, desain, prinsip, dan prosedur yang berhubungan , dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran supaya peserta asuh meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu diubahsuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada kriteria penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan latih, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah kegiatan permulaan dalam suatu konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor didik untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, dan memotivasi peserta bimbing. Di dalam aktivitas inti, peserta didik diajak untuk ikut serta aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan acara yang dijalankan untuk menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang mampu dijalankan dalam bentuk rangkuman atau akhir, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Berikut yakni RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 4 SD Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berfaedah, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Minggu, 04 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 4 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9
Diterbitkan Oktober 04, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Download Pengumuman Hasil Akreditasi Tahun 2019 Provinsi Jawa Barat Tahap 1 BA
- RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- Kali ini Sekretariat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia me
- RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon