RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 3 Sekolah Dasar. RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai ajaran bagi guru kelas 3 Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 3 Sekolah Dasar harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup biar mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya adalah RPP kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana aktivitas pembelajaran tatap wajah untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta latih dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi akseptor ajar untuk berpartisipasi secara aktif dan menawarkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana yang menggambarkan mekanisme dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-unsur berikut. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil mencar ilmu. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 wacana Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan unsur dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan individual akseptor asuh, antara lain kesanggupan awal, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta ajar. Partisipasi aktif peserta asuh. Berpusat pada peserta latih untuk mendorong semangat mencar ilmu, motivasi, minat, kreativitas, ilham, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan hobi membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program perlindungan umpan balik konkret, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek mencar ilmu, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi berita dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, bahan atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yaitu tingkat kesanggupan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang mesti dimiliki akseptor didik pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yakni sejumlah kesanggupan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai acuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi yakni sikap yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang dibutuhkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi latih menampung fakta, rancangan, prinsip, dan prosedur yang berhubungan , dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban mencar ilmu. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk merealisasikan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya penerima ajar meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu diadaptasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada tolok ukur penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber mencar ilmu didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi asuh, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan aktivitas awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor asuh untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti ialah proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, dan memotivasi peserta latih. Di dalam acara inti, peserta bimbing diajak untuk berpartisipasi aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan kegiatan yang dikerjakan untuk menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang mampu dijalankan dalam bentuk rangkuman atau selesai, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 Berikut ialah RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4. Bapak/Ibu Guru mampu melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru inginkan. Download RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 3 SD Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berfaedah, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Minggu, 11 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 3 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4
Diterbitkan Oktober 11, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- Tanggal 1 Juni selalu diperingati selaku hari lahir Pancasila, dasar negara yang menjad
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Surat Edaran Sesjen Kemendikbud: Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila
- RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- Cara dan Syarat Lengkap Mengajukan NUPTK pendikinfo.blogspot.com - NUPTK iala
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon