RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 1 SD. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai pedoman bagi guru kelas 1 Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 1 SD mesti memiliki perangkat pembelajaran yang cukup agar mampu mengadakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya ialah RPP kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana aktivitas pembelajaran tatap tampang untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran peserta asuh dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, supaya pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima latih untuk ikut serta secara aktif dan menunjukkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-komponen berikut. Identitas sekolah, adalah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil mencar ilmu. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan bagian dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diamati prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan perorangan penerima didik, antara lain kemampuan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi berguru, kesanggupan sosial, emosi, gaya mencar ilmu, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan penerima didik. Partisipasi aktif penerima ajar. Berpusat pada akseptor bimbing untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, wangsit, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi hobi membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat desain acara santunan umpan balik nyata, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor belajar, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi gosip dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kesanggupan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang mesti dimiliki akseptor didik pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yaitu sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai tumpuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi yakni perilaku yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi teladan penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil berguru yang dibutuhkan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi bimbing memuat fakta, desain, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban mencar ilmu. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk merealisasikan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya akseptor latih meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu diadaptasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada kriteria evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber mencar ilmu didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi bimbing, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah aktivitas permulaan dalam sebuah konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian penerima latih untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, dan memotivasi penerima latih. Di dalam acara inti, akseptor bimbing diajak untuk ikut serta aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah kegiatan yang dijalankan untuk menuntaskan acara pembelajaran yang dapat dijalankan dalam bentuk rangkuman atau final, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1 Berikut ialah RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1. Bapak/Ibu Guru dapat melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru inginkan. Download RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 1 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 1 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 1 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 1 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berguna, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Selasa, 27 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 1 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1
Diterbitkan Oktober 27, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 M. Adapun Misi pemb
- Download Desain Poster, Spanduk, Logo HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Lengkap
- RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Desain, Logo, Banner dan Spanduk Hari Lahir Pancasila Ke-74 Tahun 2019 Hari
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon