RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 3 Sekolah Dasar. RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai pemikiran bagi guru kelas 3 Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 3 Sekolah Dasar mesti memiliki perangkat pembelajaran yang cukup semoga dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya adalah RPP kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana aktivitas pembelajaran tatap paras untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima latih dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, supaya pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, efisien, dan memotivasi akseptor asuh untuk ikut serta secara aktif dan menunjukkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara biasa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-bagian berikut. Identitas sekolah, ialah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil belajar. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan bagian dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan perorangan penerima didik, antara lain kesanggupan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi berguru, kesanggupan sosial, emosi, gaya mencar ilmu, keperluan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor bimbing. Partisipasi aktif peserta didik. Berpusat pada penerima ajar untuk mendorong semangat mencar ilmu, motivasi, minat, kreativitas, wangsit, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pinjaman umpan balik konkret, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi gosip dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan suasana dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang mesti dimiliki akseptor bimbing pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) wawasan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yakni sejumlah kesanggupan yang mesti dikuasai akseptor bimbing dalam mata pelajaran tertentu sebagai acuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah perilaku yang mampu diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi pola penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diperlukan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi latih memuat fakta, desain, prinsip, dan prosedur yang berhubungan , dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk merealisasikan situasi berguru dan proses pembelajaran supaya penerima asuh mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada tolok ukur penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber berguru didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan asuh, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah aktivitas awal dalam suatu konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk menghidupkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta ajar untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi penerima didik. Di dalam aktivitas inti, akseptor latih diajak untuk berpartisipasi aktif, menawarkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan kemajuan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan kegiatan yang dikerjakan untuk menuntaskan acara pembelajaran yang mampu dilaksanakan dalam bentuk rangkuman atau final, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Berikut yaitu RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru kehendaki. Download RPP Kelas 3 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 3 SD Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP K13 Kelas 3 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 9 ( Download ) RPP Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berfaedah, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Jumat, 09 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 3 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 9
Diterbitkan Oktober 09, 2020
Artikel Terkait
- RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- Download Ringkasan dan Pembahasan Soal UN SMA IPA/IPS 2018/2019 Ujian Nasional (
- Setiap tanggal 20 Mei kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), peringata
- RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- Permendikbud 9 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Ke
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon