RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 2 Sekolah Dasar. RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi selaku pemikiran bagi guru kelas 2 SD dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 2 SD harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup biar mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diperlukan, diantaranya ialah RPP kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana acara pembelajaran tatap tampang untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran peserta bimbing dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima bimbing untuk ikut serta secara aktif dan menunjukkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana yang menggambarkan mekanisme dan administrasi pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas bagian-unsur berikut. Identitas sekolah, adalah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber mencar ilmu Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil berguru. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diputuskan bagian dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan individual akseptor didik, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi mencar ilmu, kesanggupan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta latih. Partisipasi aktif akseptor bimbing. Berpusat pada akseptor latih untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, ilham, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi hobi membaca, pengertian bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pertolongan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber belajar. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek berguru, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi info dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan suasana dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yakni tingkat kesanggupan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta latih pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang merefleksikan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keahlian. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai penerima didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai referensi penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah perilaku yang mampu diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi contoh penilaian mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil berguru yang dibutuhkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi didik memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk merealisasikan suasana berguru dan proses pembelajaran biar peserta ajar meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu terhadap tolok ukur evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi didik, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah kegiatan awal dalam sebuah konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor didik untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti ialah proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dijalankan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, dan memotivasi akseptor bimbing. Di dalam aktivitas inti, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, menunjukkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan acara pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6 Berikut adalah RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6. Bapak/Ibu Guru mampu melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Revisi 2018 Tema 6 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berfaedah, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Rabu, 14 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 2 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 6
Diterbitkan Oktober 14, 2020
Artikel Terkait
- - Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemda Undang-unda
- RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- Download Desain Poster, Spanduk, Logo HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Lengkap
- Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 M. Adapun Misi pemb
- Download Ringkasan dan Pembahasan Soal UN Sekolah Menengan Atas/MA IPS 2018/2019
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon