RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 2 Sekolah Dasar. RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi selaku anutan bagi guru kelas 2 Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 2 SD harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup supaya mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan meraih tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya yaitu RPP kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning kegiatan pembelajaran tatap paras untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran peserta bimbing dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta asuh untuk berpartisipasi secara aktif dan menawarkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning yang menggambarkan mekanisme dan manajemen pembelajaran untuk meraih satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas unsur-unsur berikut. Identitas sekolah, ialah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber belajar Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil berguru. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diputuskan bagian dan Sistematika RPP selaku berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diamati prinsip-prinsip selaku berikut. Perbedaan individual penerima ajar, antara lain kesanggupan awal, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi mencar ilmu, kesanggupan sosial, emosi, gaya mencar ilmu, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor ajar. Partisipasi aktif penerima latih. Berpusat pada penerima bimbing untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, ilham, penemuan, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan acara tunjangan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor berguru, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi berita dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan suasana dan keadaan. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kemampuan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima didik pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang merefleksikan : (1) sikap spiritual; (2) perilaku sosial; (3) wawasan; (4) dan keterampilan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar ialah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai penerima bimbing dalam mata pelajaran tertentu selaku referensi penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi yakni perilaku yang mampu diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang dibutuhkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan. 6. Materi Ajar Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang berkaitan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban mencar ilmu. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran dipakai oleh guru untuk merealisasikan situasi mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor bimbing mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu terhadap standar evaluasi. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi bimbing, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan aktivitas awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor asuh untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dijalankan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi penerima ajar. Di dalam acara inti, penerima bimbing diajak untuk berpartisipasi aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan acara yang dikerjakan untuk menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang dapat dijalankan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, evaluasi dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1 Berikut ialah RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1. Bapak/Ibu Guru dapat melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru kehendaki. Download RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 2 SD Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 2 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berguna, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Sabtu, 17 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 2 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 1
Diterbitkan Oktober 17, 2020
Artikel Terkait
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Da
- Download Ringkasan dan Pembahasan Soal UN Sekolah Menengan Atas/MA IPS 2018/2019
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
- RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon