RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 1 Sekolah Dasar. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi selaku pedoman bagi guru kelas 1 Sekolah Dasar dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 1 SD harus memiliki perangkat pembelajaran yang cukup biar mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya adalah RPP kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning acara pembelajaran tatap wajah untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima bimbing dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, semoga pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, efisien, dan memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi secara aktif dan memberikan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara lazim Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas bagian-komponen berikut. Identitas sekolah, ialah nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber belajar Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil mencar ilmu. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diputuskan bagian dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diamati prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan individual penerima didik, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi mencar ilmu, kemampuan sosial, emosi, gaya mencar ilmu, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan penerima ajar. Partisipasi aktif penerima asuh. Berpusat pada penerima ajar untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pengertian beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk goresan pena. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, menampung desain program sumbangan umpan balik konkret, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber berguru. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek mencar ilmu, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan suasana dan kondisi. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yaitu tingkat kesanggupan untuk meraih Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima didik pada setiap tingkat kelas atau acara yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang merefleksikan : (1) perilaku spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan kemampuan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang mesti dikuasai penerima didik dalam mata pelajaran tertentu selaku rujukan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi ialah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk memberikan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi ajar memuat fakta, rancangan, prinsip, dan prosedur yang berkaitan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban berguru. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya penerima bimbing meraih Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen evaluasi hasil berguru disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada persyaratan penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber berguru didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi bimbing, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan ialah aktivitas awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian penerima asuh untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk meraih Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta latih. Di dalam acara inti, peserta didik diajak untuk ikut serta aktif, menawarkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan kemajuan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup merupakan aktivitas yang dikerjakan untuk menuntaskan aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau tamat, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5 Berikut adalah RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5. Bapak/Ibu Guru mampu melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 5 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema yang lain , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang yang lain dapat diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga bermanfaat, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Minggu, 25 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 1 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 5
Diterbitkan Oktober 25, 2020
Artikel Terkait
- Permendikbud 9 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Ke
- Download Pengumuman Hasil Akreditasi Tahun 2019 Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahap 1
- RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat mengajar y
- Tanggal 1 Juni selalu diperingati selaku hari lahir Pancasila, dasar negara yang menjad
- RPP Kelas 2 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat me
- Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 M. Adapun Misi pemb
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon