RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas 1 SD. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini berfungsi sebagai aliran bagi guru kelas 1 SD dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan. Guru kelas 1 Sekolah Dasar harus mempunyai perangkat pembelajaran yang cukup agar mampu mengadakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang dibutuhkan, diantaranya yaitu RPP kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan planning kegiatan pembelajaran tatap paras untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, mengasyikkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima asuh untuk berpartisipasi secara aktif dan menawarkan ruang yang cukup. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah planning yang menggambarkan mekanisme dan administrasi pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang sudah dijabarkan dalam silabus. Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas bagian-bagian berikut. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema. Kelas dan semester. Materi esensial atau pokok. Alokasi waktu. Tujuan pembelajaran. Kompetensi inti. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran. Metode pembelajaran. Media pembelajaran. Sumber berguru Langkah-langkah atau skenario pembelajaran. Penilaian hasil belajar. Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 ihwal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan unsur dan Sistematika RPP sebagai berikut. Identitas, mencakup mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan. Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar (KD). Indikator Pencapaian Kompetensi. Materi Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut. Perbedaan perorangan akseptor didik, antara lain kemampuan permulaan, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kesanggupan sosial, emosi, gaya mencar ilmu, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan akseptor latih. Partisipasi aktif akseptor latih. Berpusat pada penerima ajar untuk mendorong semangat mencar ilmu, motivasi, minat, kreativitas, wangsit, inovasi, dan kemandirian. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi hobi membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik nyata, penguatan, pengayaan, dan remidi. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber belajar. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas faktor mencar ilmu, dan keanekaragaman budaya. Penerapan teknologi info dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan keadaan. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran Penulisan identitas mata pelajaran mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, bahan atau tema. 2. Menuliskan Kompetensi Inti Kompetensi Inti (KI) yaitu tingkat kesanggupan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang mesti dimiliki akseptor ajar pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) wawasan; (4) dan keterampilan. 3. Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar yakni sejumlah kemampuan yang harus dikuasai penerima asuh dalam mata pelajaran tertentu selaku tumpuan penyusunan indikator kompetensi. 4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran. 5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diharapkan diraih oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibentuk berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah diputuskan. 6. Materi Ajar Materi ajar memuat fakta, desain, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta rancangan sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 7. Alokasi Waktu Alokasi waktu diputuskan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar. 8. Menentukan Metode Pembelajaran Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya akseptor didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan. 9. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu terhadap persyaratan penilaian. 10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Penentuan sumber berguru didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, bahan latih, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. 11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Pendahuluan merupakan acara permulaan dalam suatu konferensi pembelajaran yang ditujukan untuk menghidupkan motivasi dan memfokuskan perhatian akseptor latih untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dijalankan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta latih. Di dalam acara inti, peserta latih diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan pertumbuhan fisik serta psikologisnya. Penutup Penutup ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk menuntaskan acara pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 Berikut yaitu RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4. Bapak/Ibu Guru dapat melaksanakan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru harapkan. Download RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4 pada link di bawah ini. RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 4 Sub Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 4 Sub Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Revisi 2018 Tema 4 Sub Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Revisi 2018 Tema 4 Sub Tema 4 ( Download ) RPP kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk tema lainnya , silakan unduh pada link berikut. RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 1 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 2 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 3 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 4 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 SD Edisi Revisi 2018 Tema 5 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 6 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 7 ( Download ) RPP K13 Kelas 1 Sekolah Dasar Edisi Revisi 2018 Tema 8 ( Download ) RPP Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk kelas yang lainnya mampu diunduh pada link di bawah ini. RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 5 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) RPP Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ( Download ) Semoga berguna, Salam Pendidikan 😊
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com
Senin, 26 Oktober 2020
Download Rpp Kelas 1 Sd Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tema 4
Diterbitkan Oktober 26, 2020
Artikel Terkait
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pend
- Download Desain Poster, Spanduk, Logo HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Lengkap
- Kali ini Sekretariat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia me
- - Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemda Undang-unda
- RPP Kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bagian dari perangkat
- RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 menjadi bab dari perangkat mengajar yang
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon