Sabtu, 09 Mei 2020

Karakteristik Samudera Pasifik Yang Khas Dan Berlawanan Dengan Samudera Lain

 dimana faktanya komposisi lautan lebih besar dibandingkan daratan Karakteristik Samudera Pasifik yang Khas dan Berbeda dengan Samudera Lain
Karakteristik Samudra Pasifik - Bumi berisikan lautan dan daratan, dimana faktanya komposisi lautan lebih besar dibandingkan daratan. Sudah lazim dikenali bila lautan menempati sekitar 70% dari luas bumi, dan ini tentu saja menjadikan lautan sebagai wilayah paling luas di bumi, walaupun justru yang banyak dihuni insan ialah wilayah daratan.

Jumlah daerah lautan yang lebih luas menjadikannya dibagi menjadi beberapa samudera. Sampai dikala ini, total ada 5 lautan luas (samudra) utama yang terdapat di bumi, dan salah satunya ialah Samudra Pasifik. Lalu bagaimana sesungguhnya karakteristik Samudra Pasifik ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Samudra Pasifik merupakan wilayah lautan paling besar/terluas di bumi. Nama Pasifik ditemukan oleh Ferdinand Magellan ketika berlayar di tempat Atlantik dengan angin yang kuat, lalu dikala memasuki lautan (kini Samudra Pasifik) mendapatkan angin yang relatif lebih damai. Karena itulah Magellan menamakan wilayah itu selaku "pacifio" (dalam bahasa Italia) yang berarti damai atau teduh.

Massa air di Samudra Pasifik sangatlah besar berkisar antara Samudra Arktik hingga Antartika, dan dari Laut Bering yang berada di Alaska hingga Laut Ross di kawasan Antartika. Samudra ini berbatasan dengan Benua Asia dan Australia/Oceania di sebelah barat, serta dengan Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan di sebelah timur.

Karakteristik Samudra Pasifik
Arti namaLautan yang hening/teduh
Koordinat tengah0°0'0" N, 160°0'0" W
Luas permukaan165 juta km² (samudra paling luas di dunia)
Panjang utara-selatan15.500 km
Lebar barat-timur19.800 km
Pembagian daerahSamudra Pasifik Utara dan Samudra Pasifik Selatan
Kedalaman rata-rata-4,28 km
Kedalaman optimal-10,9 km
Volume air total710 juta km3
Titik terendahPalung Mariana
IklimPusat angin puting-beliung tropis, gejala el nina dan la nina
Negara yang berbatasan42 negara berdaulat dan 12 dependensi
Benua yang berbatasanAsia, Australia/Oseania, Amerika Utara, Amerika Selatan
Jumlah kepulauan25.000 (kepulauan pasifik)
LautanLaut Sulawesi, Koral, China Timur, Jepang, Sulu, China Selatan, Tasman, Kuning

Ciri-Ciri Samudra Pasifik

Setiap samudra yang ada di permukaan bumi mempunyai keunikan tersendiri. Untuk mempelajari Samudra Pasifik, kita juga mesti mengenali ciri ciri Samudra ini. Berikut ini adalah ciri-ciri Samudra Pasifik yang khas dan membedakannya dengan samudera lain yang ada di Bumi.

1. Samudra Terbesar/Terluas di Bumi
Samudra Pasifik ialah daerah lautan paling besar di dunia dengan ukuran yang mencakup hingga 30% dari permukaan bumi (1/3 dari luas bumi). Luas wilayahnya mampu meraih sekitar 165 juta km². Tak cuma menjadi wilayah yang luas saja, Samudera Pasifik juga ialah titik terdalam di bumi dengan kedalaman rata-ratanya mencapai -4.280 meter (-4,28 km).

Wilayah Samudra Pasifik memiliki batas dengan Benua Asia, Australia/Oseania, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Jika dijumlahkan, ada total 42 negara berdaulat dan 12 kawasan dependensi yang mengitari samudra ini. Selain populer alasannya adalah luasnya, Samudera Pasifik juga terkenal sebab namanya sendiri. Nama Pasifik berasal dari Bahasa Italia yaitu 'pacifio' yang mempunyai arti damai. Karena itulah samudera ini juga diketahui dengan nama lautan hening/teduh.

2. Terdapat Cincin Api
Cincin api atau diketahui juga dengan sabuk lintas Pasifik bahwasanya ialah gunung berapi aktif. 75% gunung berapi yang berstatus aktif di dunia berada di Samudra Pasifik. Maka tak heran kalau tempat di sekitar Samudra Pasifik menjadi lokasi yang sering mengalami musibah, mirip gempa bumi sampai tsunami. Cincin api ini tidak cuma menyebabkan bencana alam mirip gunung berapi saja, tetapi juga menyebabkan pergerakan lempeng yang menimbulkan gempa bumi.

3. Memiliki Palung Laut Paling Dalam
Karakteristik dari Samudera Pasifik yang paling khas yaitu adanya palung terdalam di samudera ini. Palung sendiri merupakan jurang yang ada di dasar bahari berbentuk V. Di samudera Pasifik ada palung yang diketahui dengan nama Palung Mariana, yaitu sebuah palung paling dalam di dunia. Karena dalamnya, belum ada satupun yang mampu mencapai kedalaman dari palung Mariana ini.

4. Dilalui Garis Tanggal atau Time Zone
Karakteristik berikutnya dari Samudera Pasifik yang membedakannya dengan samudera lain yaitu adanya garis tanggal internasional atau yang lebih dikenal dengan nama Time Zone yang melewati samudera ini. Garis tanggal internasional ini sendiri merupakan titik konferensi antara garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) yang menjadi titik pergantian waktu.

5. Terdapat Banyak Pulau
Dibandingkan samudera lainnya, samudera Pasifik adalah satu-satunya samudera yang diatasnya terdapat banyak pulau, baik pulau-pulau kecil maupun pulau besar. Mayoritas pulau-pulau itu berada di sekeliling garis khatulistiwa dengan jumlah mencapai 25.000 pulau. Gugusan kepulauan yang berada berada disekitar samudra ini lazimdisebut dengan "kepulauan pasifik". Dengan jumlah pulau yang terlalu banyak ini, tidak aneh jikalau Samudera Pasifik dikenal selaku samudera dengan kepulauan terbanyak di dunia.

6. Memiliki Terumbu Karang Terbesar di Dunia
Samudra Pasifik juga menjadi tempat hidup bagi ekosistem terumbu karang paling besar di dunia, ialah Great Barrier Reef. Gugusan terumbu karang ini mempunyai luas wilayah sekitar 34.870.000 hektar. Saking besarnya, area Great Barrier Reef ini bahkan bisa tampakdari luar angkasa. Lokasi terumbu karang ini tepatnya berada di Australia yang notabene masih di kawasan Samudra Pasifik. Disini terdapat banyak spesies makhluk hidup yang dilindungi, bahkan Great Barrier Reef juga menjadi situs warisan dunia yang dilindungi baik oleh pemerintah Australia sendiri maupun UNESCO.

7. Tingkat Keanekaragaman Flora Laut yang Tinggi
Samudra Pasifik memiliki banyak keanekaragaman tumbuhan maritim di dalamnya, mulai dari tumbuhan yang termasuk mikro mirip alga atau fitoplankton hingga flora-tumbuhan makro seperti rumput maritim. Tanaman laut memang berlainan dengan flora darat, mirip dari sisi ukuran. Namun, tumbuhan bahari ini juga memiliki peran tak kalah penting dengan tumbuhan darat. Perannya nyaris sama pentingnya dengan tanaman darat alasannya adalah flora laut ini menyuplai sekitar 70% oksigen bumi.

8. Menjadi Habitat dari 6 Hewan Langka
Samudra Pasifik mempunyai tugas yang sangat penting bagi keberlangsungan keanekaragaman hayati di bumi. Lautan ini setidaknya menjadi rumah bagi 6 hewan langka di dunia, adalah paus, manatee, lumba-lumba, berang-berang bahari, penyu dan anjing bahari. Hewan-binatang tersebut bahkan menerima perhatian khusus dari pemerintah di setiap daerah untuk melindunginya dari kepunahan akhir tindakan manusia yang melaksanakan eksploitasi berlebihan dan kerusakan habitat alaminya.

9. Habitat Asli dari Kepiting Yeti
Samudra Pasifik juga menjadi rumah bagi spesies kepiting yang unik dan berbeda di dunia. Kepiting tersebut dikenal dengan Kepiting Yeti. Kepiting ini ialah spesies kepiting yang memiliki ciri khas berbentukbulu di sepanjang cakar dan kakinya. Kepiting ini bisa berkembang hingga mencapai 15 cm dan bisa didapatkan di kawasan selatan Samudra Pasifik. Kepiting Yeti ini bisa hidup di bawah maritim hingga kedalaman 2.600 kaki. Fungsi dari rambut ialah untuk membantu kepiting biar mampu mengkonsumsi mikroba-mikroba kecil.

10. Rumah bagi 60% Spesies Ikan di Dunia
Samudra Pasifik merupakan bab paling besar dari lautan di bumi, bisa dipastikan populasinya juga lebih besar kalau dibandingkan dengan kawasan lautan yang lain. Samudra Pasifik ialah kawasan yang menyuplai ikan paling besar di dunia dengan lebih dari 60% dari spesies ikan di dunia yang hidup di dalam laut ini. Sayangnya jumlah ini tidak lagi sama balasan eksploitasi yang berlebihan dan penangkapan dengan berlebihan yang jadinya juga merusak lingkungan sekitarnya. Hal ini menciptakan sebagian besar spesies ikan tersebut hampir punah.

11. Memiliki Sampah/Limbah Terbanyak
Tak hanya mempunyai populasi ikan dan tumbuhan terbesar, Samudra Pasifik juga menjadi maritim dengan sampah terbesar. Sampah-sampah ini terakumulasi di bawah maritim ataupun mengapung di permukaan air. Hal ini tak lain diakibatkan oleh ulah insan yang membuang sampah ke bahari secara pribadi atau tidak eksklusif. Sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga maupun industri ini tak jarang juga mengandung bahan kimia berbahaya yang mencemari lautan.

12. Sering Terjadi Gempa Bumi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Samudra Pasifik mempunyai banyak gunung aktif serta terdapat berbagai lempeng bawah laut. Inilah yang mengakibatkan daerah sekitar Samudra Pasifik sering mengalami gempa bumi.

Peran Penting Samudra Pasifik dan Konservasinya

Samudra Pasifik menyimpan cadangan gas dan minyak yang melimpah. Belum lagi di perairan ini juga terdapat ribuan spesies ikan yang juga banyak dimanfaatkan untuk konsumsi dan industri. Belum lagi peluangmineral lain, logam serta pasir yang juga menjadi sumber ekonomi besar bagi negara-negara yang memiliki batas pribadi dengan perairan ini. Ditambah perairan Pasifik ini juga menjadi jalur transportasi yang strategis untuk melakukan perdagangan.

Air di Samudra Pasifik mengalami penyusutan sekitar 1 cm per tahun akibat pergerakan lempeng tektonik. Ditambah lagi dengan banyaknya polusi yang semakin mengancam keberlangsungan hidup spesies dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Karena itu konservasi dibutuhkan untuk mengembalikan Samudra Pasifik menjadi lebih baik.

Demikian klarifikasi lengkap tentang karakteristik maupun ciri khas yang dimiliki oleh Samudra Pasifik. Samudera ialah kawasan lautan luas yang ada di planet bumi, sehingga kita wajib untuk mengenal karakteristik dari masing-masing samudra yang ada di planet ini.

Melalui klarifikasi di atas, agar mampu memperbesar pengetahuan kita ihwal karakteristik Samudra Pasifik dan hal lain yang membedakannya dengan perairan yang lain yang ada di bumi kita. Artikel ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap terancamnya ekosistem laut di Samudra Pasifik. Akhir kata, biar informasi ini bisa memperluas pengetahuan kita perihal salah satu fitur alam yang ada di bumi ini, yaitu samudra.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon