Senin, 11 Mei 2020

Daftar Sungai Terpanjang Di Thailand

Apa nama sungai terpanjang di Thailand? - Salah satu negara di Asia Tenggara yang mempunyai sungai yang cukup panjang yakni Thailand. Sungai di Thailand memiliki panjang hingga ribuan kilometer. Banyak dari sungai tersebut yang masih menjadi sumber kehidupan oleh penduduk yang tinggal di dekatnya. Ada juga yang menjadi pembatas internasional antara negara Thailand dengan negara yang lain (lihat: Peta Thailand). Itu sebabnya sungai terpanjang di Thailand berikut ini sangatlah penting keberadaannya.

1. Sungai Mekong (4.350 km)
Sungai Mekong ialah sungai sama yang dimiliki sejumlah negara mirip Myanmar, Laos, Cina, Kamboja, sampai Vietnam. Volume dari sungai ini bahkan menduduki peringkat teratas di dunia dan juga dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai Mekong secara tidak eksklusif menjadi pembatas dari 2 negara di sekeliling Thailand yakni Myanmar dan Laos.

Sungai yang disebut-sebut sebagai awal mula peradaban insan di wilayah Asia Tenggara ini kerap dimanfaatkan oleh penduduk di sana. Masyarakat sekitar memanfaatkan Sungai Mekong baik dari sisi pendidikan maupun perdagangan. Pusat perekonomian terjadi juga di sungai yang satu ini mirip misalnya hotel, restaurant dan juga pasar tradisional. Jika Anda ingin menyisir sungai tersebut, gunakan saja jasa penyewaan kapal untuk melihat panorama indah di sana.

Daftar 4 Sungai Paling Panjang yang Ada di Thailand
Nama Sungai Panjang Sungai Aliran
1. Sungai Mekong 4.350 km Thailand, Myanmar, Laos, Cina, Kamboja, dan Vietnam
2. Sungai Salween 2.815 km Thailand, Cina, dan Myanmar
3. Sungai Chi 1.047 km Thailand
4. Sungai Mun 900 Thailand

2. Sungai Salween (2.815 km)
Sungai Salween disebut juga dengan Sungai Nu. Menempati peringkat kedua selaku sungai terpanjang di Thailand, sungai tersebut mengalir dari kawasan Tibet melalui Yunnan kemudian menuju ke arah selatan Laut Andaman melalui negara tersebut serta negara Myanmar. Sungai tersebut mengalir hampir serentak dari Tibet bersama dua sungai besar lainnya adalah Sungai Yangtze dan Sungai Mekong. Itu sebabnya Sungai Salween memiliki julukan selaku Tiga Sungai Paralel.

Pemerintah Cina sendiri sudah membuat rencana proyek pembangunan bendungan di ajaran sungai tersebut sebab sungai itu masuk ke daerah teritori negara Cina. Proyek tersebut terbilang kontroversial karena bisa merusak keragaman hayatinya. Selain itu sekitar 60.000 etnis minoritas di sana juga harus dipindahkan. Akibat yang didapat dari adanya proyek tersebut ialah kerugian di penduduk yang tinggal di daerah hulu yakni negara Thailand dan Myanmar.

3. Sungai Chi (1.047 km)
Selanjutnya ada Chi River yang hanya mengaliri negara Thailand. Dalam Bahasa Isan, Chi River mempunyai nama Mae Si yang kemudian diterjemahkan menjadi "Chi" di Bahasa Thailand. Di isu terkini hujan sungai tersebut kerap dilanda banjir bandang. Chi River naik ke Pegunungan Phetchabun, lalu mengalir menuju ke timur melalui Provinsi Chaiyaphum, Khon Kaen, serta Maha Sarakham di wilayah Isan. Alirannya lalu akan berbelok ke arah selatan di Roi Et dan melalui Yasothon. Nantinya Chi River akan bergabung dengan Mun di Provinsi Sisaket lebih tepatnya di Distrik Kanthararom.

4. Sungai Mun (900 km)
Sungai terakhir yang masuk ke dalam daftar yaitu Mun River. Mun River sering kali dieja sebagai Moon River. Sungai tersebut ialah anak Sungai Mekong. Setiap tahunnya Mun River menjinjing kurang lebih 26 kilometer kubik air. Sungai ini diawali dari kawasan Taman Nasional Khao Yai di daerah Sankamphaeng Range. Letaknya akrab dengan Nakhon Ratchasima yang ada di timur bahari dari negara Thailand. Mun River akan mengalir ke arah timur melewati Dataran Tinggi Khorat yang ada di Isan Selatan.

Keempat sungai terpanjang di Thailand itu keberadaannya masih ada sampai sekarang. Dengan saling menjaga lingkungan maka sungai akan tetap tersadar kualitas dan kebersihannya. Sekian dan semoga goresan pena ini mampu memperbesar wawasan Anda.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon