Minggu, 10 Mei 2020

Daftar Sungai Terpanjang Di Singapura

Apa nama sungai terpanjang di Singapura? - Tidak cuma dikenal selaku negara maju, Singapura juga diketahui sebab memiliki sejumlah sungai. Sungai tersebut memang tak terlalu panjang dibanding sungai di negara lain, namun bukan mempunyai arti sungai itu tidak bernilai tinggi. Bahkan ada yang tingkat kebersihannya jauh melampaui sungai di Indonesia. Lantas apa saja sungai terpanjang di Singapura? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sungai Kallang (10 km)
Yang pertama ada Sungai Kallang yang memiliki panjang 10 km. Sungai tersebut paling dikenal karena olahraga airnya. Sumber dari sungai ini yakni Reservoir Pierce Bawah.

Sungai Kallang mengalir dari wilayah Takungan Peirce Rendah menuju ke daerah pinggir maritim di Lebuh Raya Nicoll. Muara dari Sungai Kallang yaitu di Kallang Basin.

Di tahun 1977, Perdana menteri Lee Kuan Yew memberi perintah untuk membersihkan sungai ini dan juga Sungai Singapura. Biaya yang dikeluarkan untuk membersihkannya saja mencapai 300 juta dolar yang meliputi pengerukan lumpur serta sampah lain dari tepi dan dasar sungai.

Relokasi besar juga dilakukan, kurang lebih 4000 warga yang menghuni pinggiran sungai tersebut dipindahkan ke daerah lain.

Daftar 3 Sungai yang Paling Panjang di Singapura
Nama Sungai Panjang Sungai Aliran
1. Sungai Kallang 10 km Takungan Peirce Rendah ke Lebuh Raya Nicoll
2. Sungai Serangoon 8 km Tampines Road, Hougang, Sungai Pinang, Sengkang, Lorong Halus, Sungai Blukar, Pelabuhan Serangoon
3. Sungai Singapura 3 km Kim Seng Bridge, Danau Marina Bay, Clarke Quay, Boat Quay

2. Sungai Serangoon (8 km)
Selanjutnya ada Sungai Serangoon yang berada di timur bahari dari negara Singapura (lihat : Peta Singapura). Sungai tersebut dimulai dari sebuah terusan yang berada di akrab Tampines Road yang kemudian akan mengalir melewati Hougang dan nantinya akan bergabung dengan anak sungai Sungai Pinang yang berada sebelum Sengkang.

Setelah itu, alirannya akan mengalir menuju ke Lorong Halus dan bergabung lagi dengan anak sungai lain ialah Sungei Blukar sebelum berlabuh di Pelabuhan Serangoon. Karena itulah maka sungai tersebut kerap disebut pula dengan Muara Serangoon.

Dari tahun 2011 Sungai Serangoon sudah dikonveksi menjadi waduk yang bernama Serangoon Reservoir. Walaupun sudah berkembang menjadi waduk tetapi satwa liar yang hidup di sekeliling sungai masih bertahan dan tidak terpengaruh.

Anda masih bisa memperoleh sejumlah burung mirip contohnya kingfishers, terns, dan juga bangau. Di bersahabat Lorong Halus ialah tempat yang disebut-sebut selaku daerah terbaik di Singapura untuk memperhatikan burung (lihat perihal: ekosistem sungai).

3. Sungai Singapura (3 km)
Sungai terpanjang di Singapura yang terakhir yakni Sungai Singapura. Sungai Singapura mengaliri daerah Singapura Tengah, lalu menuju ke selatan dan bermuara di laut. Sungai kecil ini memiliki sejarah yang panjang.

Bisa dibilang kalau sungai tersebut menjadi saksi bisu permulaan peradaban negara maju tersebut. Sungai tersebut memiliki andil yang besar di perkembangan negara itu.

Di bagian tepi Sungai Singapura berdiri kampung nelayan pada masa pertengahan. Kampung nelayan itu kemudian menjelma menjadi sentra jual beli dunia yang terus menerus bertumbuh. Karena itulah sungai ini menjadi yang paling populer di sana.

Demikian klarifikasi perihal 3 sungai terpanjang di Singapura (lihat juga: sungai terpanjang di Asia). Masing-masing memiliki sejarah yang unik dan berlawanan. Yang mampu kita semua tiru dari sungai-sungai tersebut yakni kedisiplinan warganya dalam menjaga kebersihannya.

Dengan saling mempertahankan kebersihan, maka sungai yang memiliki kegunaan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya. Semoga kelak Indonesia mampu menggandakan langkah pengamanan kebersihan sungai tersebut.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon