Sabtu, 25 April 2020

Proses Daur Nitrogen Beserta Denah Dan Tahapannya

4 Tahapan Daur Nitrogen (Siklus Nitrogen) - Nitrogen ialah jenis komponen paling besar yang ada di lapisan atmosfer bumi. Unsur penyusun asam amino yang satu ini ialah protein yang bisa ditemukan di segala jenis organisme, bahkan hingga ke virus.

Protein merupakan senyawa kimia utama yang berkhasiat penting mirip contohnya untuk fungsi fungsional dan juga fungsi struktural tubuh. Sementara itu nitrogen yang ada di alam yang berupa gas N2 tidak mampu dimanfaatkan dengan baik untuk binatang dan flora.

Berbanding terbalik dengan basil yang bisa memakai nitrogen berbentuk gas selaku metabolisme dan menghasilkan senyawa, nitrogen berupa lain mirip contohnya Nitrat atau Amonium (baca disini mengenai: tata nama senyawa).


Terdapat dua jenis cara bagi Nitrogen untuk masuk ke ekosistem. Cara pertama adalah dengan melakukan deposit nitrogen atmosfer, sementara cara yang kedua yakni dengan sejumlah reaksi kimia berjulukan daur nitrogen. Berikut akan diterangkan perihal bagan daur nitrogen (siklus nitrogen) secara lengkap.

Unsur yang ada di Atmosfer mampu terlihat mirip tabel di bawah ini:

Nama Gas Simbol Volume Berat Molekul
Metan M - -
Xenon* X - -
Kripton+ K Sangat kecil -
Hidrogen H 0,00005 2,02
Helium*+ He 0,0005 4,00
Neon** N 0,0018 20,18
Nitrogen N2 78,08 28,02
Oksigen 02 20,94 32,00
Argon*+ Ar 0,93 39,88
Karbondioksida CO2 0,03 44,00
Ozon** O3 0,00006 48,00

Keterangan tabel:
* = Hasil Perombakan dari Uranium dan Kalium
**= Gabungan ulang dari oksigen
+= Gas yang sangat lemah

 Nitrogen adalah jenis unsur paling besar yang ada di  Proses Daur Nitrogen Beserta Skema dan Tahapannya

1. Fiksasi Nitrogen
Fiksasi atau pengikatan nitrogen hanya mampu dilakukan oleh basil dan alga (prokariota) tertentu. Mereka bisa mengikat senyawa nitrogen berupa N2 atau anorganik menjadi organik, kemudian mengubahnya menjadi penyusun protein, adalah asam amino.

Keberadaan prokariota itu sangat penting alasannya nitrogen ialah senyawa protein yang melaksanakan banyak fungsi di badan manusia. Nitrogen nantinya akan diikat oleh bakteri yang bersimbiosis dengan Rhizobium Leguminosa.

Sementara itu, di ekosistem akuatik ada Sianobakteria yang mampu mengikat nitrogen selaku nutrisi perkembangan. Hasil dari fiksasi tersebut adalah senyawa amonia yang berkhasiat sebagai prekursor nitrogen organik.


2. Nitrifikasi
Tahap kedua adalah reaksi kimia Amonium oleh basil nitrit yang terdiri dari Nitrosomonas dan Nitrosococus yang nantinya akan membentuk senyawa Nitrit. Amonia hasil fiksasi tadi akan bereaksi dengan ion Hidrogen dan membentuk senyawa amonium yang sifatnya asam. Senyawa itu mampu pribadi dipakai oleh tanaman.

Sementara itu, Amonia yang membentuk amonium tadi akan ikut terbawa oleh hujan. Kandungan amonium itulah yang mampu mensugesti pH tanah.

Amonium yang ada di tanah akan dimanfaatkan bakteri Nitrit sebagai penghasil energi dan senyawa buangan NO2. Senyawa nitrit nantinya akan dipakai oleh Nitrobacter yang alhasil adalah senyawa Nitrat. Senyawa itu mampu digunakan secara pribadi bagi flora untuk nantinya diasimilasi menjadi asam amino penyusun protein.

3. Denitrifikasi
Tahap sketsa daur nitrogen selanjutnya berjulukan denitrifikasi. Denitrifikasi merupakan suatu reaksi kimia yang memungkinkan terjadinya perombakan senyawa nitrat menjadi senyawa N2. Perombakan tersebut menuju ke atmosfer.

Proses ini pada kesannya teratasi oleh kuman denitrifikans yang berguna untuk mengembalikan senyawa nitrogen menuju atmosfer.

4. Amonifikasi
Tahap yang terakhir ialah tahap penguraian nitrat yang menjelma amonium dengan sejumlah proses penguraian tertentu. Proses penguraian itu dibantu oleh dekomposer yang berbentukjamur dan bakteri.

Pembebasan akumulasi nitrogen di organisme yang sudah mati mampu jadi sungguh usang siklusnya apabila tidak mendapat pinjaman dari dekomposer. Pengurai nantinya akan menggunakan senyawa nitrogen organik kompleks sebagai pemenuhan nutrisi. Reaksi ini bisa mengembalikan senyawa amonium yang sudah digunakan tanaman maupun mikroorganisme.

Demikian klarifikasi perihal 4 proses daur nitrogen disertai denah dan tahapannya. Semoga penjelasan ini mampu menambah wawasan Anda. Salam .

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon