Kamis, 23 April 2020

Ini Pergantian Terbaru Tata Cara Pengesahan Sekolah Dan Madrasah

Ini Perubahan Terbaru Sistem Akreditasi Sekolah dan Madrasah pendikinfo.blogspot.com  -  Akreditasi satuan pendidikan ialah salah satu bab penting transformasi pendidikan menyeluruh. Oleh alasannya adalah itu, Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) terus mengupayakan pergeseran, tergolong dalam meningkatkan kualitas manajemen legalisasi sekolah/madrasah. Hal ini bertujuan untuk menentukan pergeseran berjalan akuntabel dan partisipatif . Ketua BAN/S-M, Toni Toharudin menyampaikan, jumlah sekolah yang terakreditasi status A dan B makin banyak. “Namun, kalau metode legalisasi dikaitkan dengan hasil Ujian Nasional atau skor Programme for Internasional Student Assessment (PISA), akibatnya tidak mengasyikkan,” ujar Toni dalam diskusi publik bertema “Sistem Akreditasi Baru” yang digelar secara daring, Rabu (16/12). Menurut Toni, penting bagi BAN-S/M memeriksa diri setelah 20 tahun pengesahan berjalan, termasuk benchmarking dengan pengakuan di negara-negara lain agar pengakuan lebih efektif. “Walau kuota pengesahan memang ada constrain dari APBN sehingga tidak semua kuotanya mampu tercukupi. Maka, ada backlog dari tahun ke tahun, contohnya sekolah/madrasah yang telah habis era akreditasinya belum bisa terjangkau,” terang Toni perihal kendala yang dihadapi dalam pengakuan. Transformasi Internal BAN-S/M: Dashboard Monitoring dan Otomasi Akreditasi Dikatakan Toni, BAN-S/M tengah mengupayakan sebuah perubahan yang amat fundamental yakni merancang tata cara gres yang responsif terhadap digitalisasi dan pandemi yang masih melanda bangsa. Harapannya, dengan sistem dashboard monitoring secara otomatis akan memberi notifikasi jika ada sekolah/madrasah yang kualitasnya menurun dengan metode perayaan terkomputerisasi. “ Kalau mutu dan kinerja sekolah/madrasah menurun, maka dia akan menjadi target pengukuhan. Tapi, jikalau sekolahnya status quo dan yang bersangkutan tidak ada keinginan mengoptimalkan status akreditasi, maka akta pengukuhan di status yang sama akan terbarukan secara otomatis. Ini istilahnya otomasi pengakuan ,” terperinci Toni dalam diskusi yang didatangi para pakar dan dibarengi oleha guru dan kepala sekolah seluruh Indonesia. Dashboard monitoring dari otomasi legalisasi, lanjut Toni, akan menolong BAN/S-M mengorganisir proses legalisasi satuan pendidikan dengan lebih rapi dan praktis, sehingga jikalau ada indikasi penurunan, asesor dapat melaksanakan visitasi manual supaya efektif dan efisien. Toni menerangkan t iga sasaran akreditasi, yaitu adanya indikasi penurunan kinerja berdasarkan dashboard, sekolah/ madrasah ingin memajukan status pengakuan, dan laporan masyarakat yang terverifikasi . Namun, alasannya adalah dashboard menerima data berjenis sekunder yang berasal dari basis data kementerian yang terintegrasi, dashboard baru akan efektif jika data memiliki integritas. Data yang dimaksud ialah Data Pokok Pendidikan (Dapodik) milik Kemendikbud, Education Management Information System (Emis) milik Kementerian Agama, serta data Asesmen Kompetensi Minimal, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar yang terpadu dalam Asesmen Nasional. Senada dengan itu, Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Doni Koesoema mengapresiasi upaya reformasi BAN-S/M yang menekankan peningkatan kepatuhan dan kinerja, khususnya tata cara triangulasi data yang diusung BAN-S/M. “Adanya triangulasi antara Dapodik dan Emis, data yang diisi sekolah sebagai asesmen berdikari, dan adanya verifikasi tim asesor melalui angket, wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen, ini sangat cantik, sebab persoalan kita yaitu integritas. Mungkin karena data kita masif, jadi data ini tidak presisi atau tidak jujur diisi sekolah,” ungkap Doni. Doni mengungkapkan, ada kecenderungan prosedur data yang ada di sekolah dipakai sesuai kepentingan. “Misalnya, untuk kepentingan pinjaman pemerintah, nanti data-data dijelek-jelekkan. Lalu untuk evaluasi legalisasi, data dibaik-baikkan. Ini duduk perkara mentalitas, bukan salah instrumennya,” tegas Doni. Doni meyakini, mentalitas para pengurus data di satuan pendidikan perlu dibenahi. Menurutnya, j ika ada individu yang tidak berintegritas, tetapi sistemnya baik, maka akan menutup kemungkinan bagi oknum-oknum tertentu untuk berbuat tidak jujur atau memanipulasi . “Dengan tata cara legalisasi yang baik, dengan model triangulasi BAN-S/M ini, bisa memperkencil potensi-potensi manipulasi yang mungkin terjadi,” harapnya. “Kepada para asesor, mohon memerhatikan keadaan faktual yang ada di lapangan. Kepada Bapak dan Ibu pengelola satuan pendidikan, semoga data diisi dengan jujur dan berintegritas,” pesan Doni. Kompetensi Asesor BAN-S/M, Faktor Penting Keberhasilan Asesmen Penasehat Penjaminan Mutu Pendidikan dari Technical Assistance for Education System Strengthening (TASS), yang bernaung di bawah kolaborasi pendidikan Australia – Indonesia, Mark Carter juga mengapresiasi langkah BAN-S/M yang mengamati kompetensi asesornya. “ Ini langkah ke arah kasatmata. Kebutuhan kerangka kinerja di mana guru, murid, dan sekolah mampu menganalisa kinerja mereka memang sangat penting. Instrumen BAN-S/M ini menyediakan titik permulaan kerangka ini ,” jelas Mark seraya menekankan pentingnya kompetensi asesor.    Dijelaskan Mark Carter, instrumen ini nantinya juga sungguh berguna untuk membedakan sekolah yang bermutu dan yang belum bermutu. Bagi sekolah yang belum bermutu, hasil asesmen sangat memiliki kegunaan untuk mengembangkan mutu. Menyambung pernyataan Mark Carter, Doni Koesoema menyampaikan, penilaian asesor sungguh penting. Oleh karena itu, butuh evaluasi lebih lanjut perihal peran yang mau diberikan terhadap asesor . “Saya harap ada sinergi semua pihak untuk keterpaduan Dapodik,” harapnya. Anggota BAN-S/M, Abdul Malik juga memberi perhatian perihal penilaian dan pengembangan asesor. Menurutnya, seorang asesor mesti paham substansi yang akan dinilainya. “Dia mesti tahu betul mengapa pertanyaan itu dipertanyakan pada sekolah/madrasah. Asesor juga harus paham mengapa indikator tertentu itu diukur,” tegas Abdul Malik. Guru Penggerak Akan Tingkatkan Mutu Sekolah/ Madrasah Pada potensi yang serupa, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbud, Iwan Syahril mengakui pentingnya peran guru untuk peningkatan mutu sekolah/madrasah.  “ Sekali lagi aku tekankan bahwa tujuan utama Kemendikbud melalui Merdeka Belajar ada tiga, yaitu siswa, siswa, dan siswa. Apapun yang kita kerjakan, harus berfokus pada ini. Maka, kita amat membutuhkan guru-guru penggerak yang berfokus pada siswa ,” tegasnya. Iwan Syahril menuturkan, tujuan utama Kemendikbud yakni melahirkan para pelajar Pancasila dengan huruf pembelajar sepanjang hayat, berkompetensi global dan berkarakter luhur. Kemendikbud akan terus mendorong guru penggerak menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di kala depan yang merealisasikan generasi unggul Indonesia. Hal ini dilakukan demi menciptakan para siswa yang mempunyai profil pelajar Pancasila. Selain itu, Guru Penggerak juga berperan memotivasi guru yang lain . “Jika seorang guru secara individu sudah baik, maka ia mesti mengambil peran untuk membuat guru lain menjadi bagus,” lanjut Iwan Syahril. Mendukung pernyataan tersebut, Doni Koesoema mengapresiasi langkah Kemendikbud yang mengedepankan peran Guru Penggerak. “Ini telah seharusnya dilaksanakan, karena sering kali dilema yang mesti diamati di dalam sekolah yaitu manajemen internalnya, baik itu kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah,” ungkap Doni. Ia pun menyetujui bahwa kualitas guru harus semakin ditingkatkan. “S aya harap, dikala Guru Penggerak berbicara bareng guru lain, yang diobrolkan ialah mengenai pendidikan bukan duduk perkara lain, dan mereka bisa saling memotivasi ,” harap Doni. Anggota BAN-S/M, Abdul Malik setuju dengan desain Guru Penggerak yang mesti makin dikembangkan,alasannya untuk meraih profil pelajar Pancasila memerlukan peran Guru Penggerak. Abdul Malik menggarisbawahi pentingnya pemahaman integritas pada pelajar Pancasila, utamanya mengenai antikorupsi. “ Memang tidak ada item khusus tentang antikorupsi. Tapi berdasarkan aku ini perlu, kita butuh esensi dan semangat antikorupsi ,” tekannya. Harapan Perluasan Standar Pendidikan Anggota BAN-S/M, Abdul Malik menginginkan adanya ekspansi persyaratan pendidikan. Ia menceritakan, masih banyak kawasan kecil yang menggunakan satu orang guru untuk mengajar beberapa jenjang pendidikan. “ Tentu guru yang baik di sekolah kriteria akan berlawanan dengan guru baik yang berada di tempat kecil dengan peran dan lingkup asuh yang luas ,” terperinci Abdul. Adapun hasil pengukuhan yang sudah dijalankan tahun ini yakni sebagai berikut. Kuota pengukuhan sebanyak 5018 sekolah/madrasah, terdiri atas 4017 sekolah/madrasah dan 201 Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Pada hasil pengesahan sekolah didapatkan bahwa untuk peringkat A diraih sebanyak 993 (23,41%), Peringkat B sebanyak 2,096 (49,42%), peringkat C sebanyak 1,012 (23,86%), dan Status Tidak Terakreditasi sebanyak 140 (3,30%) . Sumber: Kemdikbud Semoga membantu, jangan lupa dishare tulisan ini semoga dapat membantu rekan-rekan yang lain 😊 Informasi terkait Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri lewat SNMPTN dan SBMPTN dapat anda peroleh disini:   Informasi Seleksi Masuk PTN Untuk melihat Webinar yang lain, anda mampu mengklik tautan ini:   Daftar Seluruh Webinar Informasi terkait seleksi Guru PPPK 2021 mampu anda temukan disini:   Informasi Seleksi Guru PPPK Informasi seputar CPNS 2021 dapat anda temukan disini:   Informasi CPNS 2021 Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik dapat Anda Baca disini:   Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik   Informasi Pendidikan dalam model Video mampu anda lihat di  Youtube Informasi Pendidikan Anda dapat juga menyaksikan Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di  Youtube Solusi Dapodik Baca Juga:  Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK Ini Bocoran Gaji dan Tunjangan Guru Jika Lolos Seleksi PPPK Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021 Cara Cek Keaslian Ijazah di Risetdikti Jamin Transparansi, Seluruh Proses Seleksi Guru PPPK Gunakan Sistem TI - Ayo Ikuti Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Dapatkan Sertifikat Pengajar PKH 32 JP - Kabar Gembira: Tenaga Administrasi Bisa Ikut Seleksi CPNS dan PPPK, Ini 5 Kesepakatan Komisi II dewan perwakilan rakyat RI dengan MenPAN-RB Informasi PPPK Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK dapat anda baca disini: Gaji dan Tunjangan Guru PPPK akan Setara Dengan PNS Lainnya Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK mampu anda baca disini:  Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 dapat anda baca disini:  BKN: Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini: Siap-siap, Jadwal Seleksi Guru PPPK akan Diumumkan Awal 2021 Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Selengkapnya baca disini:  Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini: Ini Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban Untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi Guru PPPK, anda dapat mempelajari pola soal berikut: Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban    Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 mampu anda baca disini:  Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dapat anda lihat disini: Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Informasi Pembelajaran Tatap Muka Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Hal yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka mampu anda baca disini: Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Informasi Guru Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Anda mampu mendownload Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, Sekolah Menengah Pertama, SMA, Sekolah Menengah kejuruan disini: Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas, SMK Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 silahkan baca disini: Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 Semoga berfaedah, Salam Pendidikan😊 https://pendikinfo.blogspot.com  
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com


EmoticonEmoticon