Senin, 20 April 2020

Contoh Lengkap Sumber Energi Terbarukan

Energi terbarukan ialah energi yang berisikan sumber daya alam alami yang tidak dapat habis. Sumber daya terbarukan mampu menyediakan energi untuk pembangkit listrik, transportasi, pemanas air / pendingin, dan energi listrik di pedesaan.

Daftar isi

Energi terbarukan adalah energi yang terdiri dari sumber daya alam alami yang tidak dapat  Contoh Lengkap Sumber Energi Terbarukan

Contoh Utama Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi terbarukan lazimnya digunakan selaku energi pengganti. Jenis utama sumber energi ini yaitu geothermal, tenaga angin, energi matahari, tenaga gelombang/ombak, biomassa, dan tenaga air.

Beberapa energi terbarukan ini bergantung pada sinar matahari misalnya, hidroelektrik dan tenaga angin diproduksi alasannya adalah permukaan bumi yang memanas. Ketika bumi memanas, beliau akan menghasilkan angin dan menciptakan pembentukan presipitasi saat udara naik.

Tenaga Asal Angin

Tenaga angin adalah hasil dari aneka macam perubahan suhu permukaan bumi ketika terkena sinar matahari. Tenaga mekanis ini dimanfaatkan saat angin dikumpulkan lewat turbin angin; pada gilirannya, daya yang dihasilkan akan digunakan untuk mengoperasikan generator listrik.

Tenaga angin juga berkhasiat dalam memompa air. Energi hidroelektrik juga menggunakan udara yang naik dari bahari (karena sinar matahari) untuk membentuk curah hujan. Sedangkan tenaga air berasal dari energi air, yang lalu digunakan untuk irigasi dan dalam mengaktifkan perangkat mekanis seperti lift domestik, pabrik tekstil, maupun di industri lainnya.

Tenaga Asal Panas Bumi

Tenaga geothermal (geothermal) ialah energi terbarukan yang terakumulasi dari bawah permukaan bumi. sumber energi ini berasal dari dekomposisi materi radioaktif dan pembentukan planet.

Geothermal ialah sumber energi ramah lingkungan dan hemat. Namun, geothermal cuma bisa ditemukan di tempat terbatas, dimana ada batas lempeng tektonik. Energi panas bumi pada umumnya dipakai untuk listrik.

Tenaga Asal Sinar Matahari

Matahari ialah teladan sumber energi terbarukan lainnya. Energi ini berasal dari cahaya dan panas dari matahari. Panas dikumpulkan memakai perlengkapan modern yang meliputi panel fotovoltaik, solar collector, dan solar attic fans.

Solar collector pada umumnya digunakan untuk mengumpulkan panas yang digunakan untuk memanaskan air, sedangkan solar attic fans lebih banyak digunakan untuk pendinginan. Panel fotovoltaik mengganti sinar matahari menjadi listrik secara eksklusif.

Contoh Lainnya dari Sumber Energi Terbarukan

Contoh lain dari sumber energi terbarukan ialah biomassa dan kekuatan gelombang/ombak/arus. Energi biomassa biasanya dikumpulkan dari pembusukan limbah binatang dan flora. Sebagai sumber energi, limbah binatang maupun tanaman ini dapat dibakar untuk menciptakan panas atau diubah menjadi biofuel dan biogas. Biofuel tergolong biodiesel dan etanol.

Etanol terbentuk saat tumbuhan mirip tebu dan jagung difermentasi. Etanol lalu mampu digunakan sebagai sumber energi untuk kendaraan. Biodiesel, yang dibentuk dari lemak hewani dan minyak nabati juga mampu digunakan selaku minyak penghangat dan juga untuk bahan bakar kendaraan.

Dan yang terakhir, kekuatan kecepatan angin yang menghasilkan gelombang bahari maupun arus laut dapt dikumpulkan untuk diubah menjadi energi. Energi yang dihasilkan oleh kekuatan ini diukur oleh tinggi, kecepatan, dan panjang gelombang.

Fungsi energi gelombang diantaranya adalah untuk desalinasi air, pembangkit listrik, dan pemompaan air. Daya dari gelombang dikumpulkan oleh mesin yang umum disebut dengan konverter energi gelombang.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon