Senin, 20 April 2020

Beasiswa Untuk Guru Tahun 2020: Acara Teacher Pembinaan

Beasiswa Guru Program Teacher Training Tahun 2020
Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2020 (Pendaftaran Dibuka 12 Desember 2019 Sampai 13 Januari 2020).Program Teacher Training yaitu salah satu acara beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan mutu pengajaran sesuai dengan bidangnya.

Penerima beasiswa akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan planning mencar ilmu-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang mampu meningkatkan kualitas dan kesanggupan para guru. Program ini ialah acara non-gelar dan usang studinya ialah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama mencar ilmu bahasa Jepang) dari September atau Oktober 2020 hingga Maret 2022.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2020
·          Masa Pendaftaran : 12 Desember 2019 – 13 Januari 2020*
·          Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 28 Januari 2020*
·          Ujian Tulis : 6 Februari 2020*
·          Pengumuman Hasil Ujian Tulis: 17 Februari 2020*
·          Ujian Wawancara: Akhir 2020*
·          Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: Awal Maret 2020*
·          Pengumuman Final dari MEXT: Juli 2020*
·          Berangkat ke Jepang: September atau awal Oktober 2020
*Jadwal cobaan dapat berubah. Untuk Jadwal niscaya, silakan refresh laman ini secara terjadwal

Beasiswa Guru Program Teacher Training Tahun  BEASISWA UNTUK GURU TAHUN 2020: PROGRAM TEACHER TRAINING

Fasilitas Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2020
·          Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya.
·          Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥143.000/ bulan
·          Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang (1 kali).
·          Bebas biaya pengerjaan visa pelajar.
·          Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari dukungan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas mampu membantu mencarikan daerah tinggal bila diperlukan.

Persyaratan Pendaftaran Seleksi Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2020
·          Usia optimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2020 (lahir pada atau sehabis 2 April 1985).
·          Lulusan minimal D4 atau S1.
·          Guru (pegawai negeri, swasta, honorer) yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal, seperti Sekolah Dasar, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB.
·          Pelamar memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun 0 bulan pada 1 Oktober 2020.
·          Semua bidang pendidikan ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama dan Perhotelan.
·          Sehat jasmani dan rohani (kondisi kesehatan fisik dan mental tidak akan mengganggu jalannya perkuliahan selama di Jepang)
·          Menguasai bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
·          Bagi yang belum bisa berbahasa Jepang, bersedia mencar ilmu bahasa Jepang.
·          Pelamar mesti secepatnya kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya selaku guru setelah acara beasiswa rampung.
·          Apabila setelah kembali dari Jepang pelamar tidak mengaplikasikan pengalamannya sebagai guru, maka pelamar wajib mengembalikan seluruh bantuan beasiswa yang telah diterima.
·          Bagi pelamar yang mempunyai salah satu keadaan/ suasana berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan baca pada tautan berikut (klik di sini –pdf)

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2020
·          Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.
·          Lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Daftar dokumen mampu dilihat pada bab DAFTAR DOKUMEN YANG DIPERLUKAN.
·          Pelamar melakukan registrasi online apalagi dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id
·          Link pendaftaran online sedang dalam proses antisipasi, silakan cek secara berkala
·          Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi.
·          Silakan cetak e-mail tersebut dan harap menyimpan “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak mendapatkan e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam/junk pada e-mail Anda.
·          Seluruh dokumen yang telah dilengkapi dan disusun sesuai urutan, dimasukkan ke dalam 1 amplop (ukuran bebas asalkan menampung seluruh dokumen, jenis bebas). Silakan tulis isyarat “Teacher Training 2020” pada kanan atas amplop.
·          Berkas dikirim atau diserahkan eksklusif ke:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350
·          Tidak menerima dokumen yang diantarmelalui jasa pengantaran ojek online.
·          Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima sebelum deadline yang hendak diproses. Dokumen yang sudah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak mampu dikembalikan dengan argumentasi apapun.
·          Berkas sudah mesti tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 13 Januari 2020.

Daftar Dokumen Yang Diperlukan
1.  Lembar print-out e-mail konfirmasi pendaftaran online   
Lembar yang berisi nomor ujian pelamar (pelajari bab Prosedur Pendaftaran poin 3-4). sebanyak 4 Lembar (Asli)
2.  a) Application Form 2020        
Formulir mesti diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. (Boleh diketik atau ditulis tangan. Bagi penerima yang menulis tangan, harus memakai pulpen hitam.)
Download:
Ket. 1 Rangkap Asli dan 3 Rangkap foto copy
b) Research Plan (Rancangan Penelitian)        
Pada kolom “Research Plan” yang terdapat pada “Application Form” (lihat hal. 5 – 6 Application Form), rancangan observasi dibuat sekurang-kurangnya150 kata dalam bahasa Inggris atau minimal 300 aksara dalam bahasa Jepang. Apabila tidak cukup pada kolom yang tersedia, silakan disertakan pada kertas lampiran. Ket. 1 Rangkap Asli dan 3 Rangkap Foto copy
c) Pasfoto Berwarna      
Formal. Latar polos. Warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir, ukuran 3,5 x 4,5 cm atau 3 x 4 cm.
Pasfoto harus ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2020).     4 Lembar   -
3.  Placement Preference Application Form   Formulir diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Boleh diketik atau ditulis tangan. Bagi penerima yang menulis tangan, harus memakai pulpen hitam.
Download:

Pilih maksimal 5 universitas yang terdapat dalam “Course Guide of Teacher Training Program”. Untuk isu tautan Course Guide, silahkan klik di sini (PDF): https://www.mext.go.jp/content/1423052_10.pdf.
Ket. 1 Rangkap Asli dan 3 Rangkap Foto copy
4.  Fotokopi transkrip nilai.  
Transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau dicap basah orisinil oleh perguruan tinggi tinggi pelamar.
Untuk transkrip nilai hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap berair orisinil juga oleh perguruan tinggi tinggi pelamar pada hasil terjemahannya.
Harap tidak melampirkan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia.
Legalisasi atau cap berair mesti orisinil dan dihentikan hasil scan.         
Ket. 1 Rangkap Asli dam          3 Rangkap Foto Copy
5.  Fotokopi ijazah pendidikan terakhir  Ijazah mesti dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau dicap basah orisinil oleh perguruan tinggi tinggi pelamar.
Untuk ijazah hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi tinggi pelamar pada pada hasil terjemahannya.
Harap tidak melampirkan ijazah dalam bahasa Indonesia.
Legalisasi atau cap berair harus asli dan dihentikan hasil scan.         
Ket. 1 Rangkap Asli dam          3 Rangkap Foto Copy
6.  Surat keterangan dari kawasan mengajar    Surat yang menerangkan bahwa pelamar yaitu pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini.
Surat dibarengi keterangan periode mengajar (dari tanggal berapa sampai tanggal berapa), dan dilegalisasi atau dicap berair orisinil (dihentikan hasil scan) oleh sekolah. Surat mesti dibuat dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
Jika abad mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya. Surat dilegalisasi atau dicap basah asli oleh sekolah sebelumnya tersebut.
(format bebas, acuan surat informasi dari kawasan mengajar download di sini -word/docx)
Ket. 1 Rangkap Asli dam          3 Rangkap Foto Copy
7.  Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah daerah mengajar kini. Surat nasehat berisi mengenai langsung pelamar. Ditulis dalam bahasa Inggris. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia.
Tanda tangan surat usulan mesti orisinil dan tidak boleh hasil scan.
(Download di sini -word/docx)
Ket. 1 Rangkap Asli dam          3 Rangkap Foto Copy
8. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa gila (jika ada).  Sertifikat bahasa gila mirip TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT dan sejenisnya yang masih aktif. Boleh lampirkan lebih dari satu jenis akta.    - Ket. 4 Rangkap Foto Copy

CATATAN
·          Dokumen dibentuk dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak bisa, silakan lipat menjadi seukuran A4
·          Dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
·          Dokumen dibuat sebanyak 4 bundel (1 bundel orisinil dan 3 bundel fotokopi) yang disusun sesuai urutan (poin 1 sampai 8).
·          Mohon untuk tidak melampirkan ijazah dan transkrip nilai asli. Khusus untuk kedua dokumen ini, yang dimaksud dengan asli adalah fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi atau dicap lembap orisinil oleh perguruan tinggi tinggi.
·          TIDAK PERLU melampirkan dokumen lain yang tidak diminta, mirip penghargaan dan sejenisnya.
·          Dokumen selain dalam Bahasa Inggris/Bahasa Jepang, tidak akan diterima.
·          Lengkapi seluruh dokumen yang diharapkan sesuai isyarat. Untuk dokumen yang tidak sesuai arahan, tidak akan diproses.


TAHAP PENYELEKSIAN
Sistem penyeleksian yang dipakai ialah metode gugur. Tahap penyeleksian beasiswa ini yaitu :
I. Tahap Primary Screening
Seleksi Dokumen.
Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan memperlihatkan Nomor Ujian pelamar pada tanggal 28 Januari 2020. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
Ujian Tulis
Pada tahap ini peserta akan menghadapi cobaan bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ujian diadakan berbarengan di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar
Ujian Wawancara
Bagi yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti cobaan wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya angkutandan fasilitas tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.

II. Tahap Secondary Screening
Bagi yang lulus primary screening akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas penerima akan berkompetisi dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
Peserta yang lulus seleksi akhir (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman hasil seleksi simpulan akan diumumkan pada bulan Juli 2020.

FAQ
Berikut ialah pertanyaan yang sering diajukan ke Kedutaan Besar Jepang terkait beasiswa Monbukagakusho program Teacher Training. Silakan pelajari di sini
.
KONTAK
Apabila ada pertanyaan, silakan hubungi Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang di nomor (021) 3192-4308 atau e-mail beasiswa(a)dj.mofa.go.jp (silahkan mengubah '(a)' dengan '@' sebelum mengirim email).


Link contoh soal ujian tulis dan kunci balasan:
2015 (Japanese)         : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/questions/15/ke_ja.pdf

Demikian isu ihwal Beasiswa Untuk Guru Program Teacher Training 2020. Semoga ada keuntungannya bagi yang berhasrat. 






Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon