Rabu, 15 April 2020

Berapa Banyak Jumlah Air Yang Ada Di Bumi?

siklus air, air tidak pernah diam, bergerak dari satu kawasan ke tempat lain, dan berganti dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Volume Air di Planet Bumi

Air membentuk sebagian kecil dari volume planet ini. Total volume air bertambah hingga sekitar 332.500.000 mi3. Ini cukup untuk masuk ke dalam bola dengan diameter 860 mil. Air tawar di danau, rawa sungai, dan di dalam akuifer diperkirakan mempunyai volume 2.551.000 mi3. Akuifer yaitu lapisan bawah permukaan baik itu batuan maupun sedimen yang memiliki sifat permeable dan berpori


Untuk menjabarkan angka-angka di atas maka 97% air berada di lautan, 2% dalam bentuk es dan gletser, 0,62% adalah air bawah tanah, 0,009% terkandung dalam danau air tawar, 0,008% di danau garam, 0,001% ada di atmosfer, dan 0,0001% mengalir di sungai.

Pasokan Air Tawar

Sekitar 2,5% dari air di planet ini yaitu air tawar. Sekitar 69% disimpan dalam lapisan es dan gletser dan 31% dari pasokan mampu diakses untuk konsumsi manusia. Secara total, cuma 0,00775% dari pasokan air bumi yang tersedia untuk insan.

Beberapa daerah di planet ini mendapatkan air tawar dari gletser yang mencair selama animo panas. 30% air tawar ada di dalam lapisan tanah maupun batuan di bawah permukaan, artinya hanya tersedia lewat mata air atau dipaksa keluar dari tanah. Sungai, rawa, dan danau menyumbang kurang dari 1% dari air tawar yang dapat dipakai manusia.

1. Air Permukaan
Air permukaan ialah setiap badan air yang terletak di permukaan bumi termasuk sungai, danau, waduk, dan sungai. Sekitar 80% dari penggunaan air global yakni air permukaan yang juga berkontribusi pada irigasi.


Lautan ialah sumber air permukaan paling besar namun tidak mampu dikonsumsi oleh insan alasannya adalah salinitas tinggi. Air permukaan di planet ini mengalir melalui jaringan sungai dan pedoman yang memperoleh air melalui limpasan atau pedoman dasar.

2. Air Tanah
Air tanah ada di bawah permukaan bumi tetapi harus pada saturasi 100%. Apapun yang kurang dari itu dianggap hanya selaku tanah yang lembab. Menurut observasi, sekitar 30% dari air tawar berada di dalam lapisan tanah.

Air permukaan yang masuk ke dalam tanah lewat mekanisme infiltrasi air. Setelah berada di dalam lapisan tanah, air akan mengalir lewat celah dan lubang di batuan dasar. Ketika air berkumpul di bawah permukaan, beliau lalu akan bergerak di dalam akuifer.

Masalah Air Secara Global

Setengah dari cadangan air tawar dunia ada di Brasil, Kanada, Indonesia, Cina, Rusia, dan Kolombia. Peningkatan populasi global memicu problem air di seluruh dunia alasannya bertambah banyak jumlah insan akan memaksa penggunaan menyebarkan sumber daya alam yang langka. Sepertiga populasi dunia tinggal di negara-negara yang "miskin air", dimana cuma satu dari sembilan orang yang mempunyai saluran memperoleh air minum yang aman untuk dikonsumsi.

Jumlah air di bumi memang akan susah habis secara total, tetapi bukan mempunyai arti kita tidak acuh dengan sikap memanfaatkannya secara berlebihan. Masih banyak masyarakat di pecahan bumi lainnya yang alasannya keadaan geografisnya kesulitan untuk mendapatkan air.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon