Rabu, 29 April 2020

Pentingnya Kurikulum Nasional Yang Fleksibel Di Kala 21

Pentingnya Kurikulum Nasional yang Fleksibel di Abad 21 pendikinfo.blogspot.com  -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbangbuk), menggelar pelatihan digital bertaraf internasional bertajuk “ International Seminar on Curriculum ” secara daring, Selasa (15/12).   Kegiatan yang disertai oleh para guru, kepala sekolah, dan pemerhati pendidikan di seluruh Indonesia ini membicarakan pentingnya kurikulum menyesuaikan diri terhadap suasana nasional dan global yang terus berubah, terlebih di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia dan dunia. Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im pada sambutannya secara virtual menyadari pentingnya transformasi kurikulum sebagai langkah strategis bangsa menghadapi tantangan abad 21.   “ Pandemi ini memberikan bahwa kurikulum Indonesia harus berubah biar bawah umur bisa menghadapi tantangan. Karena itulah Kemendikbud menggagas Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang bertujuan membangun pelajar-pelajar Pancasila dengan aksara beriman, kreatif, kritis, berkebhinekaan global, dan bisa menghadapi tantangan ,” kata Ainun Na`im.   Sesjen Ainun mengatakan, perkembangan teknologi isu dan globalisasi tak terelakkan lagi dan menghadirkan tantangan-tantangan baru bagi umat insan . Semua negara berpacu untuk meningkatkan mutu hidup warganya dalam berbagai aspek, tergolong pendidikan.   Senada dengan itu, Sekretaris Balitbang dan Perbukuan, Suhadi menyatakan bahwa Indonesia harus mampu mengantisipasi pergeseran aktual . Suhadi berharap, kurikulum di Indonesia mampu mengakomodiasi keperluan-kebutuhan terbaru. “(pelatihan ini) mampu menjadi wadah untuk menunjukkan masukan berharga supaya kurikulum mampu disempurnakan sesuai permintaan zaman yang ada, dan kita bisa menciptakan generasi emas yang lebih maju lagi,” katanya.     Pada peluang yang sama, Penasehat Program Inovasi (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia), Robert mengakui adanya perbedaan dalam sistem pendidikan kedua negara. Inovasi yaitu suatu acara hasil kolaborasi Indonesia dan Australia di bidang pendidikan. Menurut dia, kesamaan Indonesia dan Australia ialah semangat memajukan peluang berguru dan mutu pembelajaran untuk belum dewasa. “Dengan persahabatan dan janji, agar kita bisa meningkatkannya,” kata Robert Randall yang memberi paparan secara digital dari Sydney, Australia.   Randall menggarisbawahi berbagai hasil riset yang secara konsisten mengambarkan bahwa dari semua faktor yang mampu dikendalikan sekolah, kualitas pedagogi atau seni dan ilmu mengajar, secara pribadi dan secara besar lengan berkuasa, paling berpengaruh terhadap mutu hasil pembelajaran siswa . “Esensi dan mutu pedagogi adalah core business para guru,” tegasnya.   Lebih lanjut Robert menjelaskan, keleluasaan dalam pendidikan mesti diketahui dengan hati-hati . “ Fleksibilitas ekspektasi kita terhadap apa yang dipelajari dan dimengerti akseptor ajar harus terbatas. Ekspektasi kita secara lazim mesti sama untuk semua peserta bimbing di manapun berada. Standar ini seharusnya tidak bermacam-macam ,” terangnya sambil memberi pengecualian terhadap siswa dengan disabilitas atau kondisi tertentu.   Robert meyakini, jika kurikulum dikembangkan dan dikonsultasikan dengan baik serta dibentuk menurut riset yang valid, maka seharusnya tidak terdapat kelonggaran dalam bahan ajar dan ekspektasi pada siswa . Namun, kata ia, mesti ada fleksibilitas di segi lain, yakni bagaimana kurikulum disampaikan, termasuk tentang pertanyaan-pertanyaan dari guru ke siswa, konteks lingkungan, dan informasi-informasi yang mampu dieksplorasi siswa .   “Konteks lokal harus bermacam-macam, kelonggaran justru sungguh penting, mesti ada di sini. Sebab, riset telah pertanda, jikalau kita menentukan dilema yang berhubungan dan berarti buat siswa, maka mereka mampu belajar dengan baik dan menyebarkan kemampuan mengajukan pertanyaan. Ini sumbangsih nyata bagi pembelajaran,” lanjutnya.   Robert juga menekankan, guru-guru harus mampu mengerahkan kewenangan profesional mereka untuk memutuskan apa yang akan paling mempesona dan akan menyita perhatian para siswa. Ia menyampaikan, ini tantangan untuk guru. “Kita sedang terjebak dalam volume konten. Kita berhadapan pada ilmu-ilmu yang kita pelajari di masa kemudian dan sekarang kita dihadapkan pada ilmu-ilmu abad 21 juga. Banyak orang bilang, kita pelajari yang kala 21 saja. Menurut saya ini false decision,” Robert mengingatkan.   Sebab, menurutnya, ilmu-ilmu abad 21 tetap membutuhkan disiplin-disiplin ilmu tradisional. Ia mencontohkan, persoalan solving . Untuk menjadi pemecah masalah yang baik, maka perlu pengertian mendalam tentang disiplin ilmu yang masalahnya ingin dipecahkan. “Mungkin aku bisa memecahkan dilema matematika dengan baik. Tapi, ini tidak bermakna saya niscaya mampu memecahkan masalah di bidang sains. Saya harus punya pemahaman mendalam perihal sains untuk bisa memecahkan ini,” tuturnya.   Menurut Robert, yang mesti segera teratasi adalah perilaku mental para siswa Indonesia, alasannya survei Program for International Student Assessment (PISA) 2018 memperlihatkan kecenderungan prihatin.   “Para siswa ditanya: ‘Apakah Anda baiklah bahwa kecerdasan Anda ialah sesuatu yang tidak mampu terlalu Anda ubah?’ Nah, cuma 29% anak Indonesia yang tidak setuju. Artinya cuma 29% anak Indonesia yang punya growth mindset atau mental perkembangan. Mental ini yang harus kita dorong, supaya anak-anak Indonesia bermental terbuka dan punya sikap fleksibel. Karena, riset juga sudah menandakan bahwa bila seorang pembelajar percaya mereka mampu berhasil, mereka cenderung berusaha dan gigih bertahan dalam mencar ilmu ,” usulan Robert. Sumber: Kemdikbud Semoga membantu, jangan lupa dishare tulisan ini biar dapat menolong rekan-rekan lainnya 😊 Untuk menyaksikan Webinar yang lain, anda bisa mengklik tautan ini:   Daftar Seluruh Webinar Informasi terkait seleksi Guru PPPK 2021 mampu anda dapatkan disini:   Informasi Seleksi Guru PPPK Informasi seputar CPNS 2021 dapat anda temukan disini:   Informasi CPNS 2021 Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik dapat Anda Baca disini:   Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik   Informasi Pendidikan dalam model Video dapat anda lihat di  Youtube Informasi Pendidikan Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di  Youtube Solusi Dapodik Baca Juga:  Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK Ini Bocoran Gaji dan Tunjangan Guru Jika Lolos Seleksi PPPK Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021 Cara Cek Keaslian Ijazah di Risetdikti Jamin Transparansi, Seluruh Proses Seleksi Guru PPPK Gunakan Sistem TI - Ayo Ikuti Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Dapatkan Sertifikat Pengajar PKH 32 JP - Kabar Gembira: Tenaga Administrasi Bisa Ikut Seleksi CPNS dan PPPK, Ini 5 Kesepakatan Komisi II dewan perwakilan rakyat RI dengan MenPAN-RB Informasi PPPK Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK dapat anda baca disini: Gaji dan Tunjangan Guru PPPK akan Setara Dengan PNS Lainnya Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:  Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 dapat anda baca disini:  BKN: Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK mampu anda baca disini: Siap-siap, Jadwal Seleksi Guru PPPK akan Diumumkan Awal 2021 Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Selengkapnya baca disini:  Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini: Ini Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban Untuk merencanakan diri mengikuti seleksi Guru PPPK, anda dapat mempelajari pola soal berikut: Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban    Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 mampu anda baca disini:  Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 mampu anda lihat disini: Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 Informasi Pembelajaran Tatap Muka Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Hal yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka mampu anda baca disini: Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Informasi Guru Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas, Sekolah Menengah kejuruan Anda mampu mendownload Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, Sekolah Dasar, SMP, Sekolah Menengan Atas, SMK disini: Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas, SMK Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 silahkan baca disini: Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 Semoga berguna, Salam Pendidikan😊 https://pendikinfo.blogspot.com
Sumber https://pendikinfo.blogspot.com


EmoticonEmoticon