Rabu, 22 April 2020

Ini Alasan Fitur Jumlah Pelamar Di Portal Sscn Ditiadakan

 Alasan Fitur Jumlah Pelamar di Portal SSCN Ditiadakan  INI ALASAN FITUR JUMLAH PELAMAR DI PORTAL SSCN DITIADAKAN

BKN menyatakan bahwa Fitur Jumlah Pelamar di Portal SSCN Ditiadakan, tetapi hal tersebut tidak berpengaruh kepada Transparansi Seleksi CPNS 2019.

Apa alasan Fitur Jumlah Pelamar di Portal SSCN Ditiadakan ? Dalam pelaksanaan registrasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, sejumlah pertanyaan dan unek-unek tentang tidak adanyafitur jumlah pelamar dalam portal https://sscn.bkn.go.id seperti tahun 2018 disampaikan para pelamar terhadap Biro Humas BKN. Melalui sajian pencarian deretan dalam portal SSCN, publik mampu mengenali data jumlah pelamar pada setiap deretan secara real time.

Dalam Siaran Pers BKN disampaikan alasan Fitur Jumlah Pelamar di Portal SSCN Ditiadakan. Hal itu disebabkan oleh ditemukannya indikasi tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar yang termuat dalam hidangan penelusuran formasi yang dikerjakan oleh sejumlah oknum dengan cara mendaftarkan sejumlah pelamar fiktif pada formasi tertentu semoga tampaksudah banyak pendaftar.

Banyaknya jumlah pelamar diperlukan bisa mengecoh calon pelamar sehingga formasi tersebut tidak lagi menjadi pilihan pada penerimaan CPNS tahun 2018.

Oleh alasannya adalah itu, fitur tersebut ditiadakan demi menciptakan persaingan adil tanpa pelamar terpengaruh dengan kuantitas pelamar yang telah melamar pada deretan tertentu (blind competition) pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019

Sebagai alternatif Biro Humas BKN memberikan update jumlah pelamar, di antaranya menampung informasi pelamar yang sudah menciptakan akun, telah mengisi formulir, telah submit, serta lima instansi (Top 5 Instansi) dan 10 deretan (Top 10 Formasi) paling banyak dipilih pelamar seleksi CPNS 2019 lewat terusan media umum resmi yang mampu dipantau oleh pelamar setiap harinya.

Perlu dikenali, abolisi fitur tersebut tidak menghemat faktor transparansi pada seleksi CPNS 2019. Aspek transparansi tetap terjamin lewat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang juga berprinsip akuntabel, di mana hasil tes mampu dimengerti secara real time dikala SKD dijalankan. Sehingga transparansi dan akuntabilitas tetap menjadi prinsip utama pelaksanaan seleksi CPNS 2019. Hingga ketika ini, portal pendaftaran seleksi CPNS 2019 telah diakses oleh lebih dari 3 juta pengguna per tanggal 15 November 2019 pukul 10:43 WIB. Dari jutaan pengguna tersebut, sebanyak 2.030.445 sudah membuat akun dan 168.331 di antaranya sudah submit registrasi.



= Baca Juga =




Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon