Senin, 27 April 2020

Daftar Sungai Terpanjang Di Benua Australia

Apa nama sungai terpanjang di Benua Australia? - Salah satu karakteristik Benua Australia yang sangat khas adalah ialah satu-satunya benua yang hanya ditempati oleh satu negara saja, yakni negara Australia.

Australia sendiri adalah negara yang mempunyai banyak daerah indah dan menawan. Tempat-tempat tersebut bisa dikunjungi untuk berlibur bersama orang-orang terdekat. Salah satu kawasan yang bisa dikunjungi di benua Australia yakni sungainya.

Tak berbeda jauh dengan negara lain, sungai di Australia juga memiliki keunikan masing-masing, tak terkecuali dari sisi panjangnya. Panjang dari sungai yang ada di sana cukup beraneka ragam.

Dari semua sungai yang ada, telah dirangkum 4 diantaranya selaku sungai terpanjang di benua Australia. Inilah daftar nama sungainya beserta letaknya.

# Nama Sungai Panjang (km) Letak
1. Sungai Darling 2.700 Queensland & South Wales
2. Sungai Murray 2.508 Victoria & New South Wales
3. Sungai Murrumbidgee 1.600 Canberra
4. Sungai Flinders 1.004 Queensland

Lihat juga: Sungai Terbesar di Indonesia

Sungai Flinders (1.004 km)

Sungai Flinders merupakan salah satu sungai paling panjang di Queensland. Nama sungai ini berasal dari nama seorang penjelajah yakni Matthew Flinders. Hulu sungai ini berada di lereng barat dari Great Dividing Range di suatu negara bab australia.

Aliran Flinders dari lereng barat Great Dividing Range di North kemudian mengalir ke arah barat laut melewati Country Gulf hingga bermuara di Teluk Carpentaria.

Sungai Murrumbidgee (1.600 km)

Di urutan ketiga ada Sungai Murrumbidgee yang berada di Canberra dengan panjang 1600 kilometer. Sungai terpanjang ke-3 di benua Australia ini memiliki daya tarik alam yang fantastis. Berbagai jenis komuni alam mampu ditemukan di Murrumbidgee River.

Untuk menyaksikan keindahannya Anda mampu berlangsung kaki di daerah Uriarra Crossing atau Tharwa dengan jalur penjelajahan 27 km (Murrumbidgee Discovery Track). Nantinya disana Anda akan mendapatkan area wisata yang dilengkapi akomodasi mirip bak berenang, arung gerojokan, maupun area piknik keluarga.

Lihat juga: Sungai Terpanjang di Afrika

Sungai Murray (2.508 km)

Sungai Murray merupakan sungai di benua australia yang memilik panjang 2.508 km. Sungai ini menempati urutan kedua selaku sungai paling panjang di Australia. Sungai tersebut berasal dari Pegunungan Alpen Australia yang mengalir melalui sisi bab barat dari pegunungan tersebut.

Dari sisi barat, sungai ini lalu berbelok dan memasuki negara bab Victoria dengan New South Wales, kemudian menuju ke bab barat laut (Australia Selatan). Selanjutnya, Sungai Murray berbelok ke arah selatan adalah di Morgan kemudian membentuk Danau Alexandrina yang pada kesudahannya bermuara ke bahari.

Walaupun volume airnya ketika ini terbilang besar, tetapi bahwasanya sebelum ada regulasi pemerintah tentang reklamasi sungai, volume air di sungai ini intinya dangkal dengan pemikiran air yang kecil.

Di tahun 2010, metode Murray River mendapatkan 58% aliran alaminya. Daerah tersebut menjadi tempat irigasi yang paling penting di benua tersebut. Banyak orang menyebut tempat itu dengan istilah "Food Bowl".

Sungai Darling (2.700 km)

Selanjutnya ada Sungai Darling yang mengalir melewati negara bagian New South Wales. Sungai darling yakni pemegang rekor sungai terpanjang di benua australia.

Cabang dari sungai Darling sebagian besar mengalir di negara bab Queesland, atau lebih tepatnya di Sungai Condamine dan Sungai Warrego. Mata airnya berada di gugus utama dari Pegunungan Australia Timur yaitu Eartern Highlands.

Lihat juga: Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Aliran air Sungai Darling sungguh berfluktuasi, ini mampu terlihat dengan sering terjadinya 2 insiden ialah banjir dan kekeringan di sekeliling DAS-nya.

Kekeringan terjadi karena sebagian besar pola ajaran sungai nya lewat padang rumput atau semak belukar luas, dimana curah hujan rata-ratanya kurang dari 250 mm tiap tahunnya. Hal ini mengakibatkan volume air sungai ini lebih banyak berkurang alasannya adanya penguapan.

Itulah tadi 4 sungai paling panjang di benua Australia yang mampu geologinesia infokan untuk Anda. Sungai tersebut kerap dimanfaatkan oleh penduduk sekitar baik dari segi pemandangan maupun konsumsi airnya.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon