Kamis, 30 April 2020

Ciri-Ciri Bioma Tundra Paling Komplet

Ciri khas bioma tundra - Bioma merupakan suatu tempat di bumi ini yang mempunyai kondisi iklim serta geografis yang sama seperti flora dan hewan beradaptasi di lingkungan yang mereka tinggali. Ada juga yang menyebutkan kalau bioma adalah ekosistem besar yang di dalamnya terdapat fauna dan tanaman dengan ciri khas masing-masing. Bioma memiliki banyak jenis, salah satunya ialah bioma tundra.

Bioma tundra merupakan jenis ekosistem darat yang berada pada daerah dataran yang luas yang tak memiliki pohon. Bioma tundra hanya ada di kutub utara dan selatan saja. Adapun bioma tundra punya sejumlah ciri khas tersendiri yang tak dimiliki jenis yang lain. Berikut akan diterangkan mengenai ciri-ciri bioma tundra beserta tabelnya.

Bioma tundra berada di sekitar daerah lingkar Arktik serta Pulau Greenland di akrab kutub utara, dan juga di Antartika serta pulau kecil di sekitarnya di kutub selatan. Seperti yang telah disinggung di atas, di bioma tundra tidak bisa didapatkan pohon, melainkan cuma tumbuhan kecil mirip lumut atau rumput.

 Bioma merupakan suatu daerah di bumi ini yang memiliki kondisi iklim serta geografis yang Ciri-Ciri Bioma Tundra Paling Lengkap

Berdasarkan pembagian iklimnya, bioma jenis ini terletak di kawasan yang mempunyai iklim es baka serta iklim tundra. Ciri-ciri bioma tundra bisa dilihat menurut tabel dan penjelasannya di bawah ini.

Tabel Ciri-Ciri Bioma Tundra Berdasarkan Pembedanya
Ciri PembedaKeterangan
Kondisi Wilayahnya tertutup es, ekspresi dominan hambar yang panjang, mencakup area yang luas
Sifat Permafrost, Curah hujan tahunan yang sungguh sedikit, keanekaragaman biotiknya rendah
Kemampuan Kecepatan angin yang tinggi, suhu rata-rata berkisar 3°-12°C
Ciri Lainnya Energi dan nutrisi berupa materi organik yang sudah mati, Nitrogen dihasilkan dari fiksasi biologis

1. Berdasarkan Kondisi
  • Bisa dikatakan seluruh wilayahnya ditutupi oleh es atau salju.
  • Mempunyai isu terkini dingin yang sangat panjang dan gelap. Sementara itu ekspresi dominan panasnya juga panjang dan terperinci. Peristiwa tersebut bisa terjadi alasannya adalah adanya gerak semu matahari yang cuma tiba di posisi 23,5° LU/LS.
  • Bioma tundra bisa menutupi luas yang besar sekali di wilayah Arktik. Bahkan bisa menutupi hingga 20% permukaan tanah di bumi ini.

Lihat juga wacana: Ciri-Ciri Bioma Sabana

2. Berdasarkan Sifat
  • Bioma tundra mempunyai sifat permafrost. Permafrost ialah keadaan dimana tanah di sisi bawah permukaan permanen beku.
  • Curah hujan tahunan yang sungguh sedikit mampu menciptakan air tak bisa tembus permafrost di bawahnya. Hal itu akan menciptakan penumpukan di dasar bak di atas bunga tanah yang dangkal saat ekspresi dominan panas pendek berjalan.
  • Bioma tundra mempunyai keanekaragaman biotik yang termasuk rendah. Selain itu struktur vegetasinya juga sederhana dan usia tumbuh tanamannya relatif pendek. Tanaman hanya mampu tumbuh selama 1 sampai 4 bulan atau sekitar 30 hingga 120 hari lamanya.

3. Berdasarkan Kemampuan
  • Kecepatan anginnya tinggi sementara suhunya yang masbodoh mampu membuat komunitas tanaman sejenis yang dikenal dengan ungkapan Tundra Alpine.
  • Musim tanamnya cuma berjalan selama 50 hingga 60 hari. Suhu rata-ratanya yaitu berkisar 3° sampai 12°C. Hal itu memungkinkan vegetasi bioma tundra bisa tetap hidup.
  • Tanaman mampu berfotosintesis di suhu serta intensitas cahaya yang sedikit.

4. Berdasarkan Ciri Lainnya
  • Curah hujan tahunannya ialah 15 sampai 25 cm termasuk dikala salju mencair.
  • Energi serta nutrisinya berbentuk bahan organik yang telah mati.
  • Nitrogen dibentuk dari fiksasi biologis serta fosfor yang yang dibuat dari hujan.

Adapun bioma ini terbentuk alasannya adalah adanya lingkungan alam yang gelap di rentang waktu yang sangat lama. Wilayah yang tak terjangkau sinar matahari tersebut cuma mempunyai sejumlah pohon kerdil. Bahkan ada yang cuma mempunyai lumut, apalagi lumut kerak dan sphagnum.

Demikian ulasan perihal 4 ciri-ciri bioma tundra dalam tabel dan penjelasan lebih lengkapnya. Semoga gosip perihal jenis bioma yang satu ini ini bisa memperbesar wawasan Anda.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon