Rabu, 29 April 2020

4 Dataran Rendah Di Maluku Beserta Karakteristiknya

Apa saja nama dataran rendah yang ada di Maluku? - Maluku ialah nama suatu provinsi dengan daerah berbentuk kepulauan yang terletak di tempat Indonesia bagian timur. Sama mirip pada umumnya daerah di Indonesia Timur, Kepulauan Maluku juga memiliki karakteristik keadaan geografis yang berlainan dengan keadaan geografis Indonesia bab barat. Salah satunya yaitu wilayah yang didominasi dataran rendah dan pantai. Meskipun begitu, di beberapa kepulauan di Maluku juga berisikan dataran tinggi, bukit dan pegunungan.

Secara umum, kondisi Topografis di Kepulauan Maluku memang bermacam-macam. Namun keadaan topografi yang paling mendominasi yakni daerah yang cukup datar dengan ketinggian tidak lebih dari 100m di atas permukaan laut. Ada juga daerah dataran tinggi yang lumayan banyak ditemui di tempat Maluku.

Maluku yang terdiri dari beberapa pulau kecil juga mempunyai kondisi topografi beragam. Namun di setiap pulau kecil tersebut, tempat dataran rendah lumayan banyak dijumpai. Untuk lebih mengenal kepulauan Maluku ini, berikut yakni beberapa nama dataran rendah di Maluku yang tersebar di seluruh bab kepulauan.

1. Dataran rendah di Maluku Tenggara
Maluku Tenggara adalah salah satu deretan kepulauan yang berada di Kepulauan Maluku. Kepulauannya terdiri dari Pulau Kei besar dan Pulau Kei Kecil. Dataran rendah yang ada di Gugusan Kepulauan Kei ini memang tidak terlalu besar karena cuma berbentukjalur sempit yang ada di sepanjang pantai.

2. Dataran Rendah di Ambon
Ambon sendiri merupakan ibukota Provinsi Maluku. Diantara formasi Kepulauan Maluku, Pulau Ambon berbatasan langsung dengan bahari Banda. Meskipun begitu, keadaan Topografi di Kepulauan Maluku juga beragam.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pulau Ambon ini juga berisikan pegunungan dan dataran rendah. Persebarannya pun tidak begitu luas karena hanya ada di kawasan sekitar pesisir pantai.

3. Dataran Rendah di Wilayah Maluku Utara
Kawasan dataran rendah juga terletak di tempat Maluku Utara. Di tempat ini, daerah dataran rendahnya banyak berada di tempat Pulau Morotai. Disini wilayah dataran rendahnya juga berupa daratan yang berada di pesisir pantai.

4. Dataran Rendah di Wilayah Pulau Seram
Dataran rendah terakhir yang berada Kabupaten Maluku Tengah, ialah tepatnya di kawasan Pulau Seram. Dataran rendah di Pulau Seram ini memiliki karakteristik dari kemiringan meraih 0-3%.

Meskipun dataran rendahnya cukup luas dengan ketinggian kurang dari 500 m di atas permukaan bahari, tapi kondisi topografinya demikian juga menunjukkan kentungan tersendiri bagi Pulau ini. Salah satunya ialah dengan adanya destinasi rekreasi alam yang memiliki keunikan karena terbagi ke dalam 4 klasifikasi daerah.

Yang perlu Anda ketahui juga yaitu bahwa penduduk tidak menawarkan nama khusus untuk dataran-dataran rendah tersebut. Untuk lebih mengerti tempat dataran rendah yang ada di Kepulauan Maluku, klarifikasi di atas mampu disimpulkan dalam tabel berikut:

Nama Dataran Rendah Karakteristik
Dataran Rendah di Maluku Utara Hanya berupa jalur sempit di pinggir pantai
Dataran Rendah di Ambon Tidak begitu luas, cuma di pesisir pantai
Dataran Rendah Maluku Utara Berada di pesisir pantai
Dataran Rendah Pulau Seram Tingkat kemiringan 0-3%, masuk dalam destinasi favorit turis

Karakteristik dari topografi kawasan berupa dataran rendah ialah daerah yang mempunyai ketinggian tertentu tidak lebih dari 500 m di atas permukaan maritim. Begitupun dataran rendah yang ada di Provinsi Maluku yang merpakan salah satu pola dataran rendah yang ada di Indonesia.

Wilayah yang berisikan kepulauan ini juga berisikan banyak dataran rendah dengan karakteristik ketinggian tak lebih dari 100m di atas permukaan maritim. Karena itu dataran rendah di Maluku lazimnya berada di daerah pesisir pantai.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon