Cara mengurutkan nomor di Excel – Saat kita membuat data di excel, salah satu yang tidak ketinggalan dimasukkan adalah nomor. Dengan memasukan nomor urut maka data akan gampang dicari menurut nomornya. Tentunya untuk membuat nomor urut di excel tidaklah sulit, ialah tinggal memasukan nomor satu per satu ke sel yang diharapkan. Jika jumlah nomor atau kolom hanya berjumlah puluhan maka cara tersebut cukup efektif, tetapi kurang efektif untuk menciptakan nomor urut yang jumlahnya sampai ratusan bahkan ribuan. Selain dengan cara manual (memasukan satu per satu), kita juga mampu menciptakan penomoran otomatis sehingga dapat meringankan pekerjaan dikala bekerja dengan lembar kerja excel . Sebelumnya kita juga sudah membahas mengenai cara mengurutkan angka dengan memakai ikon di Ribbon. Cara di postingan sebelumnya dapat digunakan untuk mengurutkan angka dari yang terkecil hingga besar atau sebaliknya. Silahkan dibaca untuk lebih lanjut. Lalu bagaimana cara mengurutkan nomor? Berikut ini kita akan membahas atau menunjukkan pola cara menciptakan nomor dilembar kerja excel sehingga data yang dibentuk akan berurutan. Cara Mengurutkan Nomor di Excel Ada beberapa langkah yang mampu dijalankan ketika membuat nomor berurutan di lembar kerja excel, berikut ini kita akan berikan 3 contohnya. Menggunakan Autofill Excel Masukan nomor 1 dan 2 pada sel yang mau dibuat untuk penomoran, misal pada A2:A3 Sorot kedua sel yang sudah diberi nomor 1 dan 2 Arahkan kursor tepat di pojok kanan bawah kedua sel yang disorot hingga membentuk tanda “+” hitam Selanjutnya tarik atau drag tanda “+” sesuai jumlah nomor yang mau dibentuk Cara ini merupakan salah satu yang sering digunakan oleh seseorang saat melakukan pekerjaan dengan lembar kerja excel. Selain memasukan nomor 1 dan 2, kita juga dapat menciptakan nomor 1 dan 3 yang artinya nomor berikutnya akan disertakan dua sehingga urutannya menjadi 1, 3, 5, 7, dst. Menggunakan Menu Fill Excel Cara berikutnya yaitu dengan memakai hidangan Fill Excel, kita mampu menciptakan nomor secara eksklusif dalam jumlah besar sekaligus sampai ribuan nomor. Untuk langkah-langkahnya yaitu. Masukkan nomor 1 pada salah satu sel, pada teladan ini adalah A2 Seleksi atau sorot sel yang telah dimasukan data nomor Klik tab Home, pada group Editing klik Fill Selanjutnya klik Series, akan tampil pop up Series Pada Series in pilih Columns untuk mengurutkan nomor dari atas ke bawah, sedangkan pilihan Rows untuk menciptakan nomor ke samping Dibagian Type pilih Linear Isi forms Step value 1 Pada form Stop value masukkan nomor terkahir, misal 500 Kemudian klik OK, maka kesudahannya nomor akan dibentuk sesuai dengan jumlah nomor yang dikehendaki Menggunakan Rumus Excel Pilihan selanjutnya adalah dengan memakai Rumus IF, langkah-langkahnya ialah cukup simpel seperti berikut ini. Pilih salah satu sel, pada acuan ini yakni A2 Copy rumus =IF(B2="";"";ROW()-1) kedalam kolom A2 Jika nomor tidak tammpil, maka beri warna dengan memilih warna di ikon Font Color Dengan menggunakan rumus seperti diatas maka Nomor yang dibuat di kolom A tidak akan ditampilkan jikalau data di kolom B pada baris yang sama belum diisi, setelah data dikolom B terisi maka nomor akan tampil. Untuk menerapkan ke baris berikutnya yakni copy manual rumus =IF(B2="";"";ROW()-1), disamping itu dapat juga menerapkan AutoFill yang mirip penerapan membuat nomor pada cara kedua diatas sehingga tidak butuhmeng copy satu persatu. Membuat nomor urut dengan Rumus Excel ada banyak cara, diatas merupakan salah satu acuan sederhana saja. Dari ketiga opsi tersebut, silahkan pilih yang paling gampang dan sesuai dengan kondisi. Catatan: Saat melaksanakan toturial diatas menggunakan Microsoft Excel 2010 Langkah-langkah diatas juga dapat dipraktekkan di MS Excel 2007, 2013, 2016
Sumber https://thepleng.blogspot.com
Selasa, 04 Februari 2020
3 Cara Mengurutkan Nomor Di Excel
Diterbitkan Februari 04, 2020
Artikel Terkait
- Cara mengurutkan data sesuai ABJAD di Excel – Saat bekerja dengan excel kadang kala kita
- Cara mengganti nama sheet di excel – Ketika pertama kali membuka lembar kerja di excel, s
- Cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel – Menggunakan Excel untuk keperluan menci
- Cara mengganti format tanggal dan waktu di excel – Microsoft Excel dalam kehidupan sehari
- Cara membuat border di Excel – Saat pertama kali kita membuka lembar kerja Excel maka tam
- Cara mengganti angka menjadi text di excel – Perbedaan angka dan text di excel yaitu, pos
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon