Selasa, 07 Januari 2020

Kerreen....Begini Cara Mudah Memberi Tugas Dan Sinkronisasi Dengan Google Form Pada Google Classroom

Tutorial ini ada video nya,  klik disini  untuk menonton nya Sebelumnya, saya telah menunjukkan panduan tentang Cara Membuat Kelas , Mengelola Kelasserta Menambah Guru dan siswa , Cara memberi isu, ketidakhadiran dandiskusi , Cara MasukKelas untuk siswa . Sekarang saya ingin mengajak anda mencoba satu fitur yang sungguh menolong dan mempermudah serta anti ribet dalam memberi tugas, dan merekap jawabannya hasil dari siswa. Yang pasti semua dilaksanakan secara online, simple, pemateri dan siswa tidak ribet dan satu yang pasti...KEREN :) Begini Cara nya Masuk ke google classroom ( Cara nya ada di sini ), kemudian buat kelas (jika kelas nya belum dibuat) atau eksklusif masuk ke kelas anda bila kelas telah pernah anda buat. Kemudian ikuti langkah berikut. 1. Klik sajian “Tugas Kelas” 2. Klik tombol “Buat” 3. Pada opsi yang ditampilkan, pilih “Tugas” 4. Isikan Judul dan petunjuk yang ialah instruksi untuk siswa dalam melakukan tugas 5. klik tombol “Tambahkan” 6. Ada 4 (Empat) opsi yang diberikan jika file yang hendak anda lampirkan ada di google drive anda, klik pada “Google Drive” kemudian pilih file anda Jika File yang mau anda lampirkan ada di sebuah website atau blog, klik pada “Link” kemudian isikan link nya Gambar : Melampirkan Link Tugas Jika file yang mau anda lampirkan ada di perangkat anda, klik pada “File” lalu cari dan upload file anda Jika file yang hendak anda upload merupakan video yang ada di youtube, klik pada “YouTube” lalu temukan dan pilih video nya kemudian klik tombol “Tambahkan” Gambar : Melampirkan YouTube sehabis anda menautkan link, atau upload file, maka file yang anda upload atau anda tautkan akan timbul di bagian bawah form Gambar : Tugas Sudah Dilampirkan Menautkan Tugas Dengan Google Form untuk media upload file Sekarang anda dapat menciptakan sebuah Formulir untuk sebagai media untuk upload file tanggapan dari siswa. Sangat mudah, begini caranya. Masih di halaman buat tugas kini ikuti langkah berikut : 1. Klik tombol “Buat” (Tombol yang disamping kanan dari tombol “Tambahkan”) maka akan ditampilkan beberapa pilihan akomodasi yang ditawarkan oleh Google Gambar : Pilihan Google Form 2. Klik pada pilihan “Formulir” maka anda akan dialihkan ke halaman Google Form Gambar : Halaman Pembuatan Google Form 3. Ubah judul form nya “formulir Tanpa Judul” dengan judul yang anda inginkan. Misalnya saya menggantinya menjadi “Formulir Upload Hasil Tugas……….) 4. Klik pada “form Description” dan ganti dengan deskripsi form yang anda inginkan, misalnya “Upload File Hasil Tugan Anda Di Sini” (boleh juga dikosongkan) 4. Klik pada kolom “Multiple Choice”, maka akan ditampilkan bermacam-macam pilihan seperti berikut Gambar : Pilihan Jenis Google Form 5. Klik pada pilihan “File Upload” Google : Hasil Pembuatan Google Form 6. Klik “Continue” maka akan tampil form berikut Gambar: Pengaturan Form Beberapa Pengaturan dan file protection pada Google Form Silahkan ganti Untitled Question dengan instruksi anda contohnya “Upload File di sini” Pada form tersebut, anda dapat melakukan dan menetapkan beberapa peraturan semoga siswa tidak asal-asalan mengupload file yang salah 1. Klik (aktifkan) Toggle “Allow Only Spesific File Types”, maka akan ditampilkan opsi file yang mampu diupload oleh siswa Gambar : Pilihan File yang diizinkan 2. Klik pada type file yang anda izinkan untuk di-upload oleh siswa Document : Untuk type file Ms. Word, LibreOffice Writer dan sejenisnya Spreadsheet : untuk type file Ms. Excell dan sejenisnya PDF : Untuk Type File PDF dan sejenisnya Video : Untuk type file Video dengan extention avi, mp4 dan sejenisnya Presentation : Untuk type file Ms. Powerpoint dan sejenisnya Drawing : Untuk type file Drawing dan sejenisnya Image : Untuk type file gambar dengan extention jpg, jpeg, gif, png dan sejenisnya Audio : untuk type file bunyi dengan extention mp3, wav dan sejenisnya 3. Klik dan checklist pada type file yang anda izinkan, dengan demikian, siswa tidak dapat meng-upload type file yang lain selain yang anda izikan Anda juga dapat menghalangi berapa file yang boleh diupload oleh siswa, cara nya, P ada kolom isian “Maximum Number of Files” klik dan pilih jumlah file maksimal. Pilihan nya 1, 5 dan 10. Untuk menghalangi ukuran file yang diupload, klik pada kolom pilihan “Maximum File Size” dan pilih ukuran maksimal file yang boleh diupload mulai dari 1 MB, 10 MB, 100MB, 1 GB sampai 10 GB. Pilih kira-kira sesuai besaran file yang akan di-upload oleh siswa. Jika ukuran file maksimal yang anda izinkan lebih kecil dari file yang di-upload oleh siswa, maka file tersebut tidak dapat diupload. Anda juga dapat memproteksi biar siswa tidak mampu meng-upload tanpa ada file yang dipilih, caranya klik (aktifkan) Toggle “Required” (di pojok kanan bawah). Dengan demikian tidak mampu meng-upload form kosong Pengaturan Google Form Ada beberapa pengaturan lazim yang adapat anda terapkan pada google form ini, cara nya : 1. Klik pada icon setting di pojok kanan atas (di samping kiri tombol “Send”) maka akan tampil form setting berikut Gambar : Setting Form J ika anda klik dan checklist pada “Collect email addresses” dan “Response receipts” maka setiap file yang diupload oleh siswa akan dikirimkan juga ke email mereka masing-masing (jangan checklist kalau anda tidak menghendaki file yang di-upload diantarke email siswa). Pada bab “Requires Sign in” jika anda klik dan checklist “Limit to 1 Response” maka masing-masing siswa cuma mampu meng-upload file 1 (satu) kali saja. (Jangan Checklist kalau anda mengijinkan siswa menguploaf file lebih dari 1 (satu) kali. Pada bagian ‘Responden Can:” Klik dan checklist pada “Edit after submit” jika anda mengijinkan siswa untuk mengedit kembali file yang telah mereka upload, namun jangan checklist pilihan ini bila anda tidak mengizikan nya Jika anda mengijinkan siswa untuk dapat melihat grafik dan file balasan siswa lain, klik dan checklist pada “See Summary Charts and Text Responses. Jika tidak mengijinkan maka jangan checklist opsi ini Jika anda mengijinkan lebih dari 1 (Satu) file yang dapat di-upload oleh siswa, anda mampu menentukan ukuran total file yang di-upload dengan cara klik pada opsi Maximum size of all files uploaded opsi nya yaitu 1 GB, 10 GB, 100GB sampai 1 TB Jika semua telah anda setting dengan benar sesuai yang anda butuhkan, jangan lupa klik “Save” untuk menyimpan pengaturan anda Anda sudah final membuat form untuk media upload file hasil tugas untuk siswa. Melihat Google Form yang sudah dibentuk Jika anda ingin melihat hasil form yang telah anda buat begini caranya 1. masih pada form pembuatan Google Form, klik tombol “Send” di sebelah kanan atas 2. Pada group Send Via : Klik Icon “Link” 3. Klik dan checklist pada “Shorten URL untuk mempersingkat link nya 4. Clik Tombol “Copy” 5. Buka Internet Browser anda kemudian paste link tadi ke addressbar nya kemudian tekan “Enter” di keyboard Gambar : Hasil Google Form Untuk Siswa Distribusi Tugas Sekarang ketika nya tugas tersebut anda distribusikan ke siswa Sekarang, kembali ke halaman “Tugas” pada kelas online anda di google classroom Tentukan dulu pengaturan peran nya Gambar : Pengaturan Distribusi Tugas Pada bab “Untuk”, kerjakan pengaturan seperti pada tutorial yang sudah aku buatsebelumnya . Jika anda ingin memberi nilai tugas tersebut, tentukan nilai maksimalnya misalnya 100, atau klik dan pilih “Tidak Dinilai” bila anda tidak akan memberi nilai untuk tugas tersebut. Jika and akan menentukan deadline pengantaran hasil tugas, klik pada pilihan kolom “Tenggat” dan tentukan tanggal dan jam batas simpulan pengiriman hasil tugas. Gambar : Batas Waktu Upload Hasil Tugas SELAMAT, anda sudah berhasil menciptakan peran, kini untuk mendistribusikan peran tersebut ke siswa, klik tombol “Tugaskan”, maka tugas tersebut bersamaan dengan google form yang telah anda buat akan didistribusikan terhadap semua siswa kelas yang anda pilih. Sebenarnya anda boleh memberi pilihan kepada siswa untuk meng-upload file via Google Classroom atau via Goo gle Form namun ada keunggulan dan kekurangan dalam hal kemudahan bagi anda selaku pemateri dalam merekap dan menilai hasil peran siswa. Kelebihan dan keurangannya akan aku bahas pada postingan selanjutnya Demikian untuk postingan kali ini, supaya berfaedah dan dapat membantu jika ada hambatan atau hal-hal yang ingin ditanyakan silahakn di kolom komentar Jika anda merasa artikel ini berfaedah dan membantu, silahkan share untuk membagikan artikel ini ke sobat-sahabat lain semoga berfaedah juga untuk mereka. Terimakasih Bersambung : Cara rekap dan memberi nilai hasil peran siswa Artikel di atas ada video nya lo,   klik disini  untuk video selengkapnya
Sumber https://karyadi-monikeun.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)