Dalam rangka mengasah kemampuan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyuguhkan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya bila tidak ada kunci jawaban dan pembahasan Bahasa Indonesia paket 1.
Pada halaman ini kita akan melaksanakan pembahasan Bahasa Indonesia paket 1 yang berisikan 40 soal opsi ganda dan 5 soal uraian. Soal dari pembahasan pada halaman ini dapat diunduh pada halaman latihan soal cobaan nasional (USBN) jenjang SD Bahasa paket 1.
Pembahasan Bahasa Indonesia Paket 1
Pembahasan akan dibagi menjadi 5 kalangan. Kelompok pertama 1 sampai 10, kelompok kedua 11 sampai 20, golongan ketiga 21 sampai 30. Kelompok ketiga 31 hingga 40, dan terakhir kelompok keempat 41-45 yang merupakan soal uraian. Berikut ini pembahasan Bahasa Indonesia paket 1 secara lengkap.
Pembahasan 1 sampai dengan 10
- Menghemat dalam paragraf tersebut mempunyai makna menggunakan sesuatu dengan teliti dan hati-hati.
(B) - Ide pokok terdapat pada kalimat utama yang terletak pada tamat paragraf, ditandai dengan kata jadi.
(A) - Diskon dalam paragraf tersebut memiliki makna potongan harga.
(C) - Antonim ialah musuh arti kata.
Antonim kata semangat ialah lesu.
(C) - Sel darah merah dengan jumlah yang cukup diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan bergizi mirip daging sapi, sayur bayam, dan hati.
Jawaban terdapat pada paragraf kedua kalimat terakhir.
(A) - Kita bisa merasa sakit kepala alasannya kelemahan sel darah merah dalam tubuh.
(B) - Hal yang akan terjadi jikalau insan tidak melakukan perburuan liar yaitu populasi orangutan tersadar.
(D) - Topik percakapan tersebut yaitu rencana berlibur ke Pantai Glagah.
(D) - Isi laporan tersebut adalah acara persami di SD Majujaya.
(A) - Isi pidato tersebut yakni ucapan terima kasih siswa kelas VI terhadap bapak ibu guru.
(D)
Pembahasan 11 sampai dengan 20
- Kalimat utama merupakan kalimat yang paling lazim dalam paragraf dan terdapat pada permulaan paragraf.
(B) - Pernyataan yang sesuai dengan paragraf yaitu petugas piket bertanggung jawab pada kebersihan kelas.
(D) - Persamaan kedua teks tersebut kerusakan jalan.
(B) - Pernyataan yang cocok dengan isi teks tersebut yaitu bambu mempunyai berbagai manfaat bagi keperluan manusia.
(C) - Nila bakar berguna Rp15.000,00 dan angsa goreng berguna Rp24.000,00
(B) - Jelas, bahan dapat dibaca pada halaman jenis-jenis paragraf
(B) - Unta menari dengan cara mengangkat satu kakinya.
(D) - Unta diusir ke padang gurun karena tingkahnya menciptakan jengkel hewan-hewan lain.
(C) - Tokoh utama cerita tersebut yakni Didit alasannya adalah lebih secara umum dikuasai dari Rendi.
(B) - Cerita tersebut menggunakan latar waktu (dikala itu, Belanda masih menjajah Indonesia) dan latar sosial (rakyat jelata yang hidup miskin dan kelaparan).
(B)
Pembahasan 21 sampai dengan 30
- Watak si Pitung dalam penggalan kisah tersebut ialah pemberani dan penolong.
(A) - Kesimpulan dari dongeng tersebut ialah semut menyadari akan perbuatannya yang telah mencemooh kepompong.
(A) - Maksud pernyataan “Coba lihat aku mampu pergi kemana saja” yakni semut angkuh dengan kelebihannya.
(B) - Jika kerbau tidak menuruti perkataan kambing, maka yang mau terjadi adalah kerbau ikut dimangsa singa.
(A) - Pemicu awal konflik pada kutipan teks kisah tersebut ialah robeknya poster Rinta.
(D) - Tema dongeng tersebut yakni perjuangan.
(D) - Maksud syair tersebut yakni kesuksesan seseorang dapat dicapai dengan tekun berguru dan berdoa.
(C) - Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni penguraian.
(B) - Urutan isyarat penggunaan kain pel yang tepat adalah 3,1,4,2
(B) - Penulisan yang tepat untuk kata defisa, export, dan import ialah devisa, ekspor, dan impor.
(C)
Pembahasan 31 sampai dengan 40
- keras kepala: tidak mampu dikontrol
kepala hambar: damai dan sabar
angkuh: sombong
(D) - Urutan kalimat yang sempurna agar menjadi paragraf yang tepat yakni 2-1-4-3
(C) - kalimat yang sempurna untuk melengkapi laporan tersebut yakni kuncup daun kacang tanah mulai mekar.
(B) - Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu bijak.
(A) - Kalimat usul yang sempurna untuk melengkapi isi pidato tersebut ialah oleh sebab itu, marilah kita optimalkan semangat berguru dan bersungguh-sungguh berdoa.
(B) - Penulisan kata berimbuhan yang tepat untuk kata di dalam kurung ialah memperjualbelikan. Dua kata yang diberi awalan dan akhiran digabung.
(C) - Kalimat acak tersebut bila disusun menjadi paragraf padu menjadi 2-1-4-3.
(C) - Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut ialah “Apakah Bapak tahu letak rumah Agus Santoso yang bersekolah di Sekolah Dasar Mutiara?”
(D) - Penggunaan ejaan yang salah dalam kalimat tersebut yakni bawah umur (Anak-anak), besuk (besok), dan kaos (kaus).
(C) - Penggunaan tanda baca yang salah dalam kalimat tersebut yakni titik dua.
(C)
Pembahasan 41 hingga dengan 45
- Kesimpulan paragraf tersebut ialah tanah yang tandus disebabkan sampah plastik tidak sesuai dipakai selaku lahan pertanian.
- Keteladanan keong dalam cerita tersebut adalah gigih, cendekia, pemaaf.
- Jangan pernah berbohong biar diandalkan orang lain.
- Perbaikan tata kalimat/struktur kalimat yang bercetak miring yaitu Manfaat hutan yang dibutuhkan insan salah satunya sebagai penghasil oksigen.
- Pada hari Jumat 23 November 2017, diadakan kontes senam di halaman Balai Desa Mekarsari.
Penggunaan huruf kapital dapat dibaca pada halaman aliran penggunaan huruf kapital.
Sumber yu.com
EmoticonEmoticon