Rabu, 16 Desember 2020

Jenis Jenis Media Penawaran Spesial Dan Contohnya


Dalam bidang penjualan baik barang maupun jasa perlu adanya aktivitas penawaran khusus. Promosi dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki kepada orang lain semoga diketahui oleh masyarakat luas dan kepincut untuk berbelanja atau menggunakan jasa tersebut. Kegiatan penawaran spesial dapat dijalankan secara langsung maupun lewat media promosi. Media promosi ialah sarana yang digunakan untuk menunjang aktivitas penawaran spesial atau pengenalan produk maupun jasa terhadap masyarakat luas. Oleh karena itu, terdapat berbagai macam media penawaran khusus yang sering dipakai untuk menjual suatu produk.





Tujuan Promosi





  1. Mengenalkan atau menunjukkan produk terhadap calon
    pelanggan
  2. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan loyalitas
    konsumen tersebut
  3. Untuk mengembangkan angka penjualan
  4. Untuk mempengaruhi pertimbangan pelanggan perihal
    produk yang ditawarkan
  5. Untuk mengunggulkan produknya dibandingkan
    dengan produk dari pesaing




Jenis Jenis Media Promosi





Promosi dapat dijalankan melalui media cetak dan elektro. Promosi melalui media cetak contohnya mirip selebaran, poster, dan banner. Sedangkan penawaran khusus lewat media elektronik yaitu internet, televisi, dan radio.





Brosur





Brosur ialah media untuk menawarkan isu produk
yang ditawarkan kepada kandidat konsumen. Brosur memiliki bentuk yang simple
sebab umumnya hanya terdiri dari satu lembar saja kemudian dilipat menjadi
tiga. Brosur dibentuk semenarik mungkin untuk menarik perhatian publik. Sehingga
biaya yang diperlukan untuk pembuatan selebaran juga relatif murah.





Poster





Poster dibentuk sebagai media penawaran spesial dengan memadukan antara
gambar dan goresan pena yang memuat gosip produk yang ditawarkan. Poster
dipasang di tempat yang ramai dan strategis agar gampang dilihat oleh publik.





Banner





Banner atau spanduk yaitu media penawaran spesial untuk mengenalkan
produk yang dicetak memakai print digital yang berbentuk portrait atau
vertikal. Biasanya banner dicetak dalam ukuran besar dan di pasang pada
daerah-daerah yang mudah dilihat orang.





Internet





Hadirnya aneka macam media umum yang disokong dengan kekuatan
internet dapat membuat lebih mudah melakukan promosi. Promosi lewat media online
mampu dikerjakan dengan menggunakan facebook, Instagram, whatsapp, youtube,
twitter, blog, dan sebagainya. Penggunaan internet sebagai media penawaran spesial
mempunyai banyak sekali kelebihan ketimbang media lainnya, yakni mampu
dilakukan dimana saja dan kapan saja, biayanya lebih murah, serta jangkauan
yang lebih luas dan tidak terbatas. Sehingga dengan memakai media internet
potensial mendukung keberhasilan penawaran khusus suatu produk atau jasa.





Televisi





Televisi merupakan media yang dapat meraih penduduk luas sehingg sangat efektif untuk digunakan sebagai media promosi. Mengiklankan produk lewat televisi dapat dilihat secara eksklusif bagaimana produk digunakan dan dimanfaatkan oleh aktor iklan. Namun, televisi juga mempunyai kelemahan dalam mengiklankan produk, antara lain ongkos yang diharapkan mahal, pemirsa suka menyingkir dari iklan.





Radio





Radio juga tergolong media penawaran spesial yang efektif. Biaya yang
dibutuhkan relatif rendah tetapi penyampaian iklan dapat diterima oleh siapa
saja, meraih wilayah yang cukup luas, serta siaran radio dapat diterima dan
di dengar di areal tanpa listrik. Namun, terdapat juga kelemahan dari media
promosi radio adalah tidak mampu memperlihatkan gambar, waktunya terbatas, dan
sulit untuk menyampaikan berita yang kompleks.





Promosi sangat penting bagi kemajuan dan kesuksesan suatu perjuangan. Hal tersebut dipengaruhi oleh media penawaran spesial yang tepat sehingga berpengaruh baik pada hasil yang diperoleh.



Sumber yu.com


EmoticonEmoticon