Jumat, 24 April 2020

Fungsi Hutan Lindung Paling Lengkap

 Hutan lindung adalah hutan yang sudah ada sebelumnya kemudian dengan wewenang pemerintah  Fungsi Hutan Lindung Paling Lengkap

Fungsi Utama Hutan Lindung - Hutan lindung ialah hutan yang sudah ada sebelumnya kemudian dengan wewenang pemerintah ditetapkan menjadi lokasi yang dilindungi. Hutan lindung berbentuk sama mirip hutan kebanyakan, adalah lahan besar yang berisi tanaman dan fauna yang terbentuk secara alamiah. Di Indonesia, hutan lindung ialah tempat yang secara khusus ditunjuk pemerintah dimana umumnya berada di hulu suatu sungai.

Hingga dikala ini jumlah dari hutan lindung khususnya yang ada di Indonesia makin menyusut. Hal ini dikarenakan masyarakat pada umumnya belum mengetahui fungsi utama dari sebuah hutan lindung. Kerusakan terhadap hutan masih sering tampakdimana-mana, dan manusia sering menjadi pemain film utama pengrusakan tersebut.

Jika dicermati lebih jauh, fungsi hutan lindung sangat vital bagi kelangsungan hidup makhluk yang ada di dalam maupun di luar hutan tersebut. Lalu apa saja fungsi hutan lindung tersebut? Berikut klarifikasi lengkapnya.

1. Tempat Tinggal Berbagai Jenis Fauna
Fungsi yang pertama hutan lindung yaitu menjadi kawasan tinggal aneka macam jenis fauna atau binatang. Berbagai binatang yang tinggal di hutan ini menggantungkan hidup mereka dari keberadaan hutan lindung. Di dalam hutan, keperluan hidup berupa makanan bagi hewan tersedia dengan lengkap (lihat disini: rantai kuliner di hutan).

Kebutuhan yang dimaksud yaitu mirip hunian, masakan, minuman, dan lain sebagainya yang ditawarkan secara alami oleh sebuah hutan. Apabila residensial daerah mereka rusak maka akan terjadi invasi dari sejumlah hewan yang mengunjungi rumah penduduk, bayangkan jika binatang tersebut yaitu singa, harimau maupun hewan buas lainnya. Itulah sebabnya mengapa hutan sangat berkhasiat bagi hewan-binatang tersebut.

2. Tempat Tinggal Berbagai Jenis Flora
Tak berbeda jauh dari binatang, puluhan tanaman atau flora juga hidup di hutan lindung. Bahkan beberapa di antara mereka ialah tumbuhan langka yang pantas dilindungi keberlangsungan hidupnya. Selain itu masih ada banyak lagi jenis tumbuhan yang belum sempat dijamah manusia. Itu sebabnya hutan tersebut juga bisa menjadi objek penelitian untuk mendapatkan tanaman jenis gres.

3. Penyeimbang Ekosistem
Fungsi yang lain adalah sebagai penyeimbang ekosistem hutan. Bisa dibilang ini ialah fungsi utama dari hutan lindung. Seperti yang sudah disinggung di atas bila hutan tersebut menjadi kawasan bernaung bagi hewan dan tumbuhan, hutan lindung memberi sejumlah ekosistem yang memiliki kegunaan bagi mereka. Hutan ini juga menjadi penyeimbang alam. Menjadi penyeimbang antara kehidupan insan, binatang, dan tumbuhan.

4. Pencegah Bencana Alam
Fungsi hutan lindung berikutnya yakni sebagai alat untuk menangkal terjadinya tragedi yang disebabkan dari alam. Bencana tersebut contohnya saja tanah longsor ataupun banjir hulu. Dengan masih banyaknya pohon di hutan, maka struktur tanah bisa tetap kuat dan kuat. Kondisi demikian sangat mengurangi terjadinya pergerakan tanah yang pada risikonya mampu menyebabkan bencana alam longsor pada lereng hutan.

Selain itu, akar dari pepohonan yang hidup di dalam hutan mampu menyerap sekaligus menahan laju limpahan air. Ketika air hujan turun dengan volume besar maka air tidak akan pribadi mengalir deras ke sungai yang ada disekitar hutan. Air akan meresap dengan baik ke dalam tanah, sehingga mampu menghalangi kemungkinan terjadinya banjir bandang besar.

Lihat juga disini: Fungsi Hutan Mangrove

5. Sebagai Lokasi Resapan Air
Fungsi yang terakhir yakni hutan lindung bisa menjadi lokasi resapan air. Lokasi tersebut didukung dengan pepohonan yang ada. Akar besar dari pohon itu bisa menyerap air dengan banyak. Dengan peningkatan resapan air di sekeliling daerah itu bisa membawa keuntungan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Orang-orang akan lebih mudah mendapatkan sumber air higienis. Kaprikornus warga di sekeliling sana tidak akan kelemahan air lagi dengan adanya hutan lindung tersebut.

Di bawah ini merupakan Contoh Hutan Lindung yang ada di Indonesia:
Nama Hutan LindungLokasiLuas (Ha)
Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan, Kalimantan Timur 9.782,80
Hutan Betung Kerihun Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 800.000
Cagar Alam Hutan Kepulauan Karimata Kayong Utara, Kalimantan Barat 77.000
Hutan Taman Raya Bung Hatta Padang, Sumatera Barat 70.000
Hutan Lindung Wehea Kutai, Kalimantan Timur 38.000
Hutan Lindung Baning Sintang, Kalimantan Barat 215
Hutan Alas Kenthu Wonogiri, Jawa Tengah 40

5 fungsi hutan lindung yang telah disebutkan di atas agar bisa menjadi gambaran bagi Anda untuk memahami betapa pentingnya keberadaan hutan lindung bagi kelancaran makhluk hidup di dalamnya maupun disekitarnya. Itu sebabnya, kita selaku insan yang akil sudah menjadi keharusan untuk menjaga eksistensi jenis hutan yang satu ini.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon