Jumat, 24 April 2020

Ciri-Ciri Planet Jupiter Yang Membuatnya Berlainan Dari Planet Lain

Apa saja ciri dari Planet Jupiter? - Di tata surya tersebar berbagai benda langit. Salah satunya ialah planet. Di tata cara tata surya matahari terdapat 8 planet yang berevolusi mengelilingi matahari. Setiap planet memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan planet lain, tidak terkecuali Jupiter. Ciri ciri planet Jupiter sangat tampakapabila dibandingkan dengan planet lain.

Jupiter merupakan planet ke-5 dalam susunan tata surya kita. Nama jupiter diambil dari nama mitologi dogma Romawi. Planet jupiter telah diperhatikan semenjak abad ke-7 SM oleh astronom Babilonia. Pengamatan tersebut dilanjutkan pada kurun ke-2 SM oleh mahir astronomi Ptolemaeus dari Yunani dan ditulis di buku berjudul Almagest.


Planet yupiter mempunyai karakteristik yang unik. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh planet jupiter, adalah:

1. Planet Terbesar di Tata Surya Kita
Dalam tata surya matahari, planet jupiter merupakan planet paling besar. Volume planet meraih 1,43×1015 km3 dan diameternya mencapai 142.860 km. Ukuran ini lebih besar dibandingkan dengan ukuran bumi.

Volume jupiter 1.300 kali volume bumi, sedangkan diameter jupiter nyaris 11 kali diameter bumi. Apabila jupiter dianggap selaku wadah, maka beliau mampu menampung sebanyak 1310 planet seukuran bumi. Meskipun mempunyai ukuran yang sungguh besar, berat jupiter hanya meraih 2,5 kali bumi.

 Di tata surya tersebar berbagai benda langit Ciri-Ciri Planet Jupiter yang Membuatnya Berbeda dari Planet Lain

2. Tersusun atas Gas dalam Jumlah Besar
Inti planet jupiter tersusun atas bagian berat tetapi permukaan planet jupiter tersusun atas gas dalam jumlah banyak. Hal tersebut menimbulkan berat planet tidak terlalu besar.

Gas-gas yang terdapat di permukaan planet jupiter antara lain hidrogen (H2), helium (He), amoniak (NH3), dan metana (CH4) dengan komposisi paling besar helium.


Di bab atmosfernya terdapat hidrogen, helium, dan bagian lain. Gas tersebut terus bergerak mengelilingi jupiter. Adanya gas tersebut tidak sesuai dengan syarat adanya kehidupan sehingga menciptakan peneliti menyimpulkan tidak adanya kehidupan di planet jupiter.
LokasiKandungan Gas
Inti Helium (24%), Hidrogen (1%), Unsur lain (5%)
Permukaan Hidrogen, Helium, Neon
Atmosfer Hidrogen (75%), Helium (24%), Unsur lain (1%)terdiri atas Metana, Silikon, Uap air, Etana, Hidrogen Sulfida, Oksigen, Fosfor, Neon, Sulfur

(Lihat juga kandungan gas di atmosfer Planet Mars)

3. Memiliki Bercak Merah Besar
Salah satu ciri ciri planet jupiter yang populer adanya bercak merah besar. Bercak merah besar telah dimengerti sejak kurun ke-17. Bercak ini dapat dilihat dengan menggunakan teleskop dan terlihat jelas di permukaannya. Diduga bercak merah besar berasal dari perbedaan pemikiran lapisan.

Bercak merah besar mempunyai diameter sebesar 50.000 km dan berbentuk lonjong. Warna bercak merah besar selalu berganti, mulai dari merah, merah cerah, sampai merah muda tipis. Bercak merah besar tersebut diduga sebagai angin angin ribut besar yang berputar di atmosfer jupiter.

4. Memiliki Banyak Satelit
Jumlah satelit yang dimiliki jupiter mencapai 67 satelit alami. Pada 1975 telah tercatat 51 satelit. Dari data tersebut diketahui terdapat 4 satelit terbesar dengan istilah Galileo, antara lain Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Selain satelit tersebut, satelit yupiter lainnya diklasifikasikan menjadi 2 kalangan besar adalah reguler dan ireguler.

Dalam kalangan reguler dibagi menjadi 2 subkelompok, adalah satelit galileo dan kalangan dalam, sedangkan dalam kelompok ireguler dibagi menjadi 6 subeklompok, adalah thermisto, carpo, golongan ananke, kelompok pasiphae, kalangan himalia, dan kelompok carme.

Itulah 4 ciri ciri planet yupiter yang wajib Anda ketahui. Semoga gosip tersebut berfaedah. Tata surya ialah daerah yang luas. Masih banyak misteri lain yang tersimpan dan mampu digali lebih dalam.

FAQ: Sebutkan Ciri-Ciri Planet Jupiter?
Planet Jupiter memiliki ciri atau karakteristik adalah mempunyai 67 satelit alami; memiliki bercak merah besar berupa lonjong dengan diameter 50.000 km; mempunyai kandungan gas terbesar berupa hidrogen dan helium yang berada di inti, permukaan, maupun di atmosfer planet tersebut; merupakan planet terbesar di tata surya kita dengan dengan diameter 142.860 kilometer.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon